PENGARUH PERISTIWA PELANTIKAN PASANGAN PRESIDEN JOKO WIDODO DAN MA’RUF AMIN TERHADAP ABNORMAL RETURN, TRADING VOLUME ACTIVITY DAN BID-ASK SPREAD PADA SAHAM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI LQ45

PUTRI, AULIA FAUZIAH (2021) PENGARUH PERISTIWA PELANTIKAN PASANGAN PRESIDEN JOKO WIDODO DAN MA’RUF AMIN TERHADAP ABNORMAL RETURN, TRADING VOLUME ACTIVITY DAN BID-ASK SPREAD PADA SAHAM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI LQ45. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Putri Aulia Fauziah docx.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peristiwa politik dapat berdampak bagi pergerakan pasar modal. Salah satu peristiwa politik terpenting bagi sebuah negara ialah pergantian presiden. Penelitian ini meneliti pengaruh peristiwa pelantikan Pasangan Presiden Joko Widodo dan Ma‟ruf Amin pada 20 Oktober 2019 lalu terhadap reaksi pasar dengan mengukur abnormal return, trading volume activity, dan bid-ask spread pada saham. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Apakah peristiwa pelantikan Pasangan Presiden Joko Widodo dan Ma‟ruf Amin berpengaruh terhadap abnormal return pada saham syariah LQ45?; (2) Apakah peristiwa pelantikan Pasangan Presiden Joko Widodo dan Ma‟ruf Amin berpengaruh terhadap trading volume activity pada saham syariah LQ45?; (3) Apakah peristiwa pelantikan Pasangan Presiden berpengaruh terhadap bid-ask spread pada saham syariah LQ45?; (4) Bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap investasi saham? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa data saham pada periode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada indeks LQ45 periode Agustus 2019 – Januari 2020, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik purposive sampling yang hanya menggunakan saham-saham berbasis syariah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon signed rank. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Peristiwa pelantikan Pasangan Presiden Joko Widodo dan Ma‟ruf Amin tidak berpengaruh terhadap abnormal return pada saham syariah LQ45; (2) Peristiwa pelantikan Pasangan Presiden Joko Widodo dan Ma‟ruf Amin berpengaruh terhadap trading volume activity pada saham syariah LQ45; (3) Peristiwa pelantikan Pasangan Presiden Joko Widodo dan Ma‟ruf Amin tidak berpengaruh terhadap bid-ask spread pada saham syariah LQ45; (4) Investasi saham dibolehkan dalam Islam. Kata kunci: Pelantikan, Abnormal Return, Trading Volume Activity, Bid-Ask Spread, LQ45.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2021 05:20
Last Modified: 21 Jan 2021 05:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12956

Actions (login required)

View Item View Item