PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

Yuliana, Marjo (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Bab 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE Oleh Yuliana Kemampuan komunikasi matematis adalah ranah kognitif dalampembelajaran matematika yang harus ditempatkan pada prioritas utama. Komunikasi matematis yang baik menjadi dasar untuk pemahaman terhadap materi. Berdasarkan pada hasil pra survei yang diuji dari kelas VIII SMP Islam YAPEMI Pringsewu diperoleh persentase sebesar 10,41 % untuk peserta didik yang memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan presentase sebesar 89,59 % peserta didik yang masih dibawah KKM. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik di SMP Islam YAPEMI Pringsewu disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik terkesan monoton sehingga peserta didik cenderung pasif. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran novick dengan tujuan untuk (1) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran novick terhadap kemampuan komunikasi matematis. (2) apakah terdapat pengaruh self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis. (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-confidence peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Islam Yapemi Pringsewu. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak kelas, yaitu kelas VIII A menggunakan model pembelajaran novick dan kelas VIII B menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adala tes kemampuan komunikasi matematis dan tes self-confidence. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan pada hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan diperoleh = 3056,500 dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 sehingga ditolak, = 1535,279 sehingga juga ditolak, = 0,492 sehingga diterima. Kemudian diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran novick terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. (2) terdapat pengaruh self-confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan selfconfidence terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Novick, Self-Confidence dan Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2021 05:13
Last Modified: 21 Jan 2021 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12955

Actions (login required)

View Item View Item