MATERI PENDIDIKAN AQIDAH DALAM KITAB TAUHID KARYA SYAIKH SHALIH BIN FAUZAN AL FAUZAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI AQIDAH DI MADRASAH TSANAWIYAH

Dini, Aliani Putri (2021) MATERI PENDIDIKAN AQIDAH DALAM KITAB TAUHID KARYA SYAIKH SHALIH BIN FAUZAN AL FAUZAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI AQIDAH DI MADRASAH TSANAWIYAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi BAB I-2.pdf] PDF
Download (524kB)
[thumbnail of Skripsi Dini Aliani Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (701kB)

Abstract

ABSTRAK MATERI PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF SYAIKH SHALIH BIN FAUZAN AL-FAUZAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI AQIDAH DI MADRASAH TSANAWIYAH Oleh : Dini Aliani Putri Pembinaan generasi Islam di atas aqidah yang benar sangat dibutuhkan apalagi ketika penyimpangan dan dekadensi moral telah merapuhkan sendi-sendi kehidupan, dimana salah satu penyebab terjadinya dekadensi moral tersebut ialah lemahnya penghayatan terhadap nilai-nilai aqidah yang telah ditanamkan, sehingga menyebabkan akhlaknya pun rusak. Oleh karena itu, dibutuhkanlah peran ulama untuk menyadarkan umat Islam akan pentingnya pendidikan aqidah sebagai landasan dalam memperbaiki akhlak dan memperkokoh aqidah bagi kehidupan seseorang. Diantara barisan para ulama yang menyadarkan umat Islam akan pentingnya pendidikan aqidah dalam kehidupan seseorang tersebut ialah Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana materi pendidikan aqidah yang ditawarkan oleh Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan, sehingga apabila materi tersebut memiliki relevansi terhadap pendidikan aqidah yang saat ini tengah berlangsung, maka dapat di adopsi untuk kemudian diterapkan dan diambil manfaat serta kegunaannya bagi pendidikan aqidah di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah library research. Sumber data yang digunakan dalam penelitian berdasarkan sumber data primer dan sekunder. Sifat penelitian bersifat deskriptif kualitatif, dimana data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis content. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa secara umum materi pendidikan aqidah perspketif Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan relevan terhadap pendidikan aqidah di Madrasah Tsanawiyah yang meliputi definisi aqidah, sumber-sumber, penyimpangan-penyimpangan aqidah, tauhid, dan rukun iman. Kata Kunci: Materi Pendidikan Aqidah, Shalih bin Fauzan Al-Fauzan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:22
Last Modified: 20 Jan 2021 06:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12952

Actions (login required)

View Item View Item