PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SIMULASI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK ANGGOTA EKSTRAKURIKULER KIR DI SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

AZAHRA, SAFIRA ADAWIYAH (2021) PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SIMULASI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK ANGGOTA EKSTRAKURIKULER KIR DI SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Azahra Safira A.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Azahra BURNING.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi merupakan jembatan dari segala kegiatan kehidupan manusia, yang mana manusia hakikatnya adalah mahluk sosial. Sebagai mahluk sosial manusia ditakdirkan untuk hidup saling memerlukan bantuan sehingga perlu adanya kehidupan bersama dengan damai. Permasalahan komunikasi dalam kelompok atau organisasi menjadi salah satu dinamika dari adanya kelompok itu sendiri. untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal anggota ekstrakurikuler KIR di SMAN 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019-2020 maka di laksanakan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik permainan simulasi. Pemilihan permainan simulasi sebagai salah satu teknik dalam mereduksi permasalahan yang ada dianggap tepat. Dengan penggunaan permainan simulasi yang tepat dan sesuai dengan materi yang dibahas oleh guru BK, peserta didik secara tidak langsung terdorong untuk melakukan komunikasi interpersonal kepada peserta didik lainnya dengan suasana yang mengasikkan. Penggunaan permainan simulasi yang beragam pula membuat peserta didik tidak mudah merasakan kebosanan saat dilaksankan layanan bimbingan kelompok yang gunanya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik anggota ekstrakurikuler KIR SMAN 1 Bandar Sribhawono. Selain itu dengan pemahaman dan pembawaan guru BK yang memumpuni membuat pelaksanaan layanan bimbingan kelompok berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Dengan menggunakan permainan yang membutuhkan kerja sama antar anggotanya mendorong peserta didik untuk mampu mengkomunikasikan permasalahannya secara baik kepada orang lain. Hal ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada peserta didik anggota ekstrakurikuler KIR SMAN 1 Bandar Sribhawono yang mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan permainan simulasi mampu mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:10
Last Modified: 20 Jan 2021 06:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12950

Actions (login required)

View Item View Item