ANALISIS PENGARUH GREEN BANKING PADA RISIKO PENYALURAN PEMBIAYAAN DI BANK UMUM SYARIAH (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015-2019)

HERLINDA, OKTA BERINI (2021) ANALISIS PENGARUH GREEN BANKING PADA RISIKO PENYALURAN PEMBIAYAAN DI BANK UMUM SYARIAH (Studi Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015-2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (6MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Konsep Green Economy, yang pada dasarnya mendorong agar setiap kegiatan ekonomi harus meminimalkan dampaknya bagi lingkungan, juga diadopsi oleh dunia perbankan. Salah satunya melalui konsep Green Banking. Dengan memberikan pinjaman atau pembiayaan kepada nasabahnya, bank dapat menjadi pemicu bagi kegiatan-kegiatan yang berdampak pada lingkungan. Dalam hal penyaluran pembiayaan, implementasi Green Banking dituangkan dalam Green Finance. Bank sebagai lembaga pemberi pinjaman dalam melakukan analisis pembiayaannya harus memperhitungkan bagaimana daya dukung usaha tersebut terhadap lingkungan dan bagaimana cara meminimalisir dampak usahanya terhadap kerusakan lingkungan. Jika sebuah usaha sudah memenuhi persyaratan ramah lingkungan sesuai dengan analisis dampak lingkungan hidup (AMDAL), maka bank baru bisa mengucurkan pembiayaan. Bank akan melihat sejauh mana risiko yang akan muncul dan bisa merugikan apabila memberikan pembiayaan kepada usaha yang tak ramah lingkungan.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Green Banking berpengaruh terhadap risiko penyaluran pembiayaan pada Bank Umum Syariah di Indonesia serta bagaimana perkembangan Green Banking di Indonesia dalam perspektif Islam. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah Green Banking berpengaruh pada Penyaluan pembiayaan pada Bank Umum Syariah di Indonesia dan bagaimana konsep Green Banking tersebut dalam perspektif islam. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif statistik. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan studi kepustakaan. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu laporan tahunan Bank Umum Syariah periode 2015 – 2019. Objek penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otorotas Jasa Keuangan Periode 2015- 2019 dengan pengambilan sampel mengunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 Bank Umum Syariah. Metode analisis data yang digunakan penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Analisis data menggunakan IBM SPSS Statistic 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Green Banking berpengaruh terhadap risiko penyaluran pembiayaan di bank umum syarah. Hasil dari uji simultan (Uji T) menyatakan bahwa nilai signifikasi > 0.05 ( 0.19 > 0.05). serta nilai koefisiennya adalah 0,030 Nilai t hitung positif artinya berpengaruh positif. Berdasarkan hasil dari uji koefisien determinasi (R2 ), diperoleh nilai sebesar 0,092 atau 9,2 %. Hal ini menunjukan bahwa 9,2 % Green Banking berpengaruh. Dan dalam perspektif islam, Seluruh indikator Green Banking telah sesuai berdasarkan perspektif islam serta dalil yang menguatkan tentang menjaga alam dan mencegah kerusakan alam. Kata Kunci : Green Banking, Non Performing Finance dan Perspektif Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:02
Last Modified: 20 Jan 2021 06:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item