PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2019)

Uci, Indah Putri (2021) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksadana, instrumen derivatif ataupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain misalnya pemerintah dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya. Salah satu unsur dalam investasi di pasar modal adalah harga saham. Harga saham mencerminkan juga nilai dari suatu perusahaan. Harga saham selalu mengalami fluktuasi sehingga dibutuhkan pendekatan untuk memprediksi harga saham dalam pengambilan keputusan investasi. Transaksi jual beli saham yang terjadi pada bursa efek dapat digambarkan dengan tingkat harga saham yang tercatat pada bursa efek. Naik turunnya harga saham dipengaruhi oleh laba dan dividen. Laba digambarkan dengan harga saham sedangkan deviden digunakan untuk mengukur harga saham yang didalamnya terdapat nilai intrinsik yang akan menggambarkan harga saham. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel ModerasiPada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2019. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2019, dan diolah dengan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) Ver. 20. Hasil dari penelitian ini adalah, ROA tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham pada Perusahaan yang terdaftar di JII tahun 2016-2019. ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham pada Perusahaan yang terdaftar di JII tahun 2016-2019. EPS tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham pada Perusahaan yang terdaftar di JII tahun 2016-2019. Kebijakan deviden tidak mampu memoderasi kinerja keuangan terhadap harga saham pada Perusahaan yang terdaftar di JII tahun 2016-2019.. Kata Kunci : Pengaruh, Kinerja Keuangan, Harga Saham, Kebijakan Deviden

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2021 05:57
Last Modified: 20 Jan 2021 05:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12948

Actions (login required)

View Item View Item