PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKAREALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Astika, Dwi Ningtias (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING(PBL) DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKAREALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Astika Dwi Ningtias Bab 1,2,Dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of full Skripsi Astika Dwi Ningtias.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Astika Dwi Ningtias Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen design, desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain posttest only control, populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 31 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah cluster random sampling, dalam penelitian ini akan diambil 3 kelas VIII yang dipilih secara acak. Kelas VIII D sebagai sampel yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sedangkan kelas VIII E sebagai sampel yang model pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan kelas VIII F sebagai sampel yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis statistik, yaitu menggunakan anova satu jalur. Dari data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) mempunyai pengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik, dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yang diterapkan oleh guru disekolah. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMPN 31 Bandar Lampung. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jan 2021 05:18
Last Modified: 20 Jan 2021 05:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12941

Actions (login required)

View Item View Item