PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IX MTs BANDAR AGUNG LAMPUNG TIMUR

EVI, Mujiono (2021) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IX MTs BANDAR AGUNG LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan media yang terpaku pada papan tulis kurang bervariasi dapat mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar peserta didik termasuk di MTs Bandar Agung, dapat dikatakan semua peserta didik kelas IX A dan IX B tidak tuntas pada materi pengurusan jenazah. Untuk mengatasi permasalah tersebut perlu digunakan media lain yang mampu mempengatuhi aktivitas dan hasil belajar salah satunya dengan menggunakan media Sparkol Videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Fiqih pada materi pengurusan jenazah di MTs Bandar Agung Lampung Timur. Hipotesis penelitian ini adalah Terdapat pengaruh pemanfaatan sparkol videoscribe terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media sparkol videoscribe dengan hasil belajar siswa yang diajarkan tidak menggunakan media tersebut pada materi Fiqh Kelas IX MTS Bandar Agung Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif dengan Quasi Eksperimen. Desain Penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design. Tempat penelitian ini dilakukan di MTs Bandar Agung, pengambilan sampel dengan teknik random sampling yaitu sample diambil secara acak. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas IX A sebagai kelas eksperimen menggunakan Sparkol Videoscribe dan kelas IX B sebagai kelas kontrol tidak menggunakan Sparkol Videoscribe. Teknik pengumplan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunkan uji stastistik Ttest pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data diperoleh aktivitas belajar peserta didik tergolong baik dengan nilai rata-rata 3,65. Sedangkan hasil analisis ketuntasan belajar peserta didik setelah menggunakan media Sparkol Videoscribe diperoleh 17 peserta didik telah tuntas secara individual sedangkan secara klasikal rata-rata peserta didik yang tuntas adalah 85%, dan hasil pengujian hipotesis menunjukan Thitung > Ttabel atau Thitung 13,785 > Ttabel 2,093 maka dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahawa “Hipotesis Diterima” atau Ho diterima dan H1 ditolak. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar Fiqih pada peserta didik . sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Pemanfaatan Media Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IX MTs Bandar Agung Lampung Timur. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Sparkol Videoscribe berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pengurusan jenazah dikelas IX MTs Bandar Agung Lampung Timur. Kata kunci: Media Sparkol Videoscribe, Hasil Belajar Peserta Didik, Pengurusan Jenazah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 07:02
Last Modified: 19 Jan 2021 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12929

Actions (login required)

View Item View Item