ANALISIS HARGA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH EX-DIVIDEND DATE (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Keuangan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Syariah Periode 2014-2018 Perspektif Ekonomi Islam)

Indah, Kurniati (2021) ANALISIS HARGA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH EX-DIVIDEND DATE (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Keuangan Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Syariah Periode 2014-2018 Perspektif Ekonomi Islam). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan pasar modal menjadi salah satu faktor penggerak kemajuan perekonomian berbagai negara. Pasar modal Indonesia dirasa memiliki daya tarik sehingga membuat investor dari dalam maupun luar negeri ikut serta dalam menanamkan modal mereka.Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan) untuk mendapatkan fakta yang tepat atau penguraian pokok persoalan atas bagian-bagian atau hubungan antara bagian-bagian itu untuk mendapatkan pengertian yang tepat dengan pemahaman secara keseluruhan. Harga saham adalah harga saham yang terjadi dibursa pada saat penutupan (closing price) yang terbentuk setiap akhir perdagangan saham. Ex-dividend date adalah batas tanggal dimana perdagangan saham tersebut sudah tidak melekat lagi hak atas dividend. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimana harga saham sebelum dan sesudah Ex-Dividend Date pada perusahaan yang terdafar di Bursa Efek Syariah? 2. Bagaimana saham menurut perspektif ekonomi islam? Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 1 perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian. Data yang digunakan diperoleh dari historical harga saham pada saat 5 hari sebelum ex-dividend date dan 5 hari sesudah exdividend date pada website yahoo.finance.com. Teknik analisis data yang digunakanuntuk mengetahui harga saham sebelum dan sesudah ex-dividend date adalah uji t dua sampel yang berpasangan (Paired Sample T-Test) dengan menggunakan SPSS 23. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan harga saham sebelum dan sesudah ex-dividend date di Bursa Efek Syariah periode 2014-2018. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan pembelajaran bagi investor dalam berinvestasi. Hipotesis dalam penelitian ini terdapat perbedaan harga saham sebelum dan sesudah ex-dividend date. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara harga saham sebelum dan sesudah ex-dividen date. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji beda rata-rata abnormal return sebesar 0,786 yang lebih besar dari nilai signifikasi 0,05. Kata kunci: Ex-Dividend Date, Harga Saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:50
Last Modified: 19 Jan 2021 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12927

Actions (login required)

View Item View Item