TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERCERAIAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) YANG TIDAK MENDAPATKAN KEBUTUHAN BIOLOGIS (Studi di Kelurahan Mekarsari Kecamatan Pulo Merak Kota Cilegon Banten)

SAM, MENETIM (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERCERAIAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) YANG TIDAK MENDAPATKAN KEBUTUHAN BIOLOGIS (Studi di Kelurahan Mekarsari Kecamatan Pulo Merak Kota Cilegon Banten). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam kehidupan berkeluarga kebutuhan biologis adalah kebutuhan rohani yang menjadi hak suami maupun hak istri, maka apabila suami atau istri tidak mendapatkan kebutuhan biologis dapat memicu adanya perselisihan atau masalah dalam keluarga yang menyebabkan perceraian. Masyarakat Kelurahan Mekarsari Kecamatan Pulo Merak yang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ada di luar negeri dengan waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan pasangannya tidak mendapatkan kebutuhan biologis, serta dapat memicu perceraian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor permasalahan biologis dalam keluarga yang berprofesi sebagai tenaga kerja Indonesi (TKI)? Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap perceraian tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tidak mendapatkan kebutuhan biologis?. Adapun tujuan dari penelitian ini memiliki 2 (dua) tujuan utama yang dicapai dalam karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui Perceraian Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tidak Mendapatkan Kebutuhan Biologis dan untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam Terhadap Perceraian Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tidak Mendapatkan Kebutuhan Biologis (Studi di Kelurahan Mekarsari Kecamatan Pulo Merak Kota Cilegon Banten). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap beberapa Sampel yakni dari pasangan TKI, tokoh adat dan Pihak Pengadilan Agama di Kota Cilegon, selanjutnya yaitu observasi, dan dokumentasi. kemudian data yang telah terkumpul diolah melalui proses editing dan systemizing sehingga menjadi bentuk karya ilmiah yang baik. Sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir deduktif dan induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa faktor perceraian tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tidak mendapatkan kebutuhan biologis di Kelurahan Mekarsari Kecamatan Pulo Merak Kota Cilegon Banten adalah jarak yang jauh dan komunikasi yang kurang baik serta tidak mendapatkan kebutuhan biologis sehingga memicu perceraian. Dalam tinjauan hukum Islam terhadap perceraian tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tidak mendapatkan kebutuhan biologis maka diperbolehkan sesuai dengan firman Allah dalam surah al-Baqarah ayat 227.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:02
Last Modified: 19 Jan 2021 06:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item