IMPLEMENTASI KONSEP KALA<LAH DALAM KEWARISAN ISTRI PADA MASYARAKAT MUSLIM (Studi di Bangunrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah)Kampung

ANI, SAFITRI (2021) IMPLEMENTASI KONSEP KALA<LAH DALAM KEWARISAN ISTRI PADA MASYARAKAT MUSLIM (Studi di Bangunrejo Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah)Kampung. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Waris adalah berpindahnya hak dan kewajiban, dalam proses pembagian waris Islam terdapat ketentuan yang berlaku seperti kepastian meninggalnya seseorang, ahli waris, dan harta waris. Bagian yang akan didapat oleh ahli waris telah ditetapkan dalam Al-Qur’an dan as-Sunnah. Pelaksanaan pembagian waris kala>lah dalam kewarisan istri pada masyarakat muslim di Kampung Bangunrejo yaitu seorang istri yang ditinggal oleh suaminya dan tidak mempunyai keturunan serta tidak mendapat harta waris yang sesuai dengan ketentuan kadar hukum Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi konsep kala<lah dalam kewarisan istri pada masyarakat muslim di Kampung Bangunrejo dan faktor-faktor yang menjadi perbedaan pembagian waris istri di Kampung Bangunrejo. Adapun tujuan penelitian dalam karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui Implementasi Konsep kala<lah dalam kewarisan Istri di Kampung Bangunrejo Kecamatan Bangunrejo dan untuk mengetahui prosedur pelaksanaan sistem kala<lah dalam Kewarisan Istri pada Masyarakat Muslim di Kampung Bangunrejo Kecamatan Bangunrejo. Penelitian ini merupakan penelitan lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 20 orang yang menjadi responden pada masyarakat muslim di Bangunrejo. Kemudian data yang telah terkumpul diolah melalui proses editing, dan sistematis sehingga menjadi bentuk karya ilmiah yang baik. Sedangkan analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berpikir deduktif yaitu cara berpikir dengan menggunakan analisis umum kemudian diteliti dan hasilnya dapat memecahkan persoalan yang bersifat khusus. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa dalam masyarakat Kampung Bangunrejo melakukan pembagian harta waris kepada ahli waris dengan cara yang berbeda-beda, ada yang menggunakan cara pembagian waris dengan hukum Islam sesuai dengan apa yang ada dalam Al-Qur’an dan ada pula yang menggunakan pembagian harta waris dengan jalan musyawarah dan pelaksanaan pembagian waris kala<lah menggunakan dua cara yaitu dengan menggunakan hukum waris Islam sesuai dengan ketentuan fara>idh dan sebagian dengan musyawarah sesuai dengan kesepatan antar ahli waris. Faktor yang menyebabkan perbedaan dalam pembagian waris di Kampung Bangunrejo Kecamatan Bangunrejo adalah adanya keinginan mendapatkan harta waris yang lebih banyak dari yang telah ditetapkan oleh hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 05:46
Last Modified: 19 Jan 2021 05:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item