PEMBINAAN KETERAMPILAN SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS II BANDAR LAMPUNG

RIZQINA, NUR AZIZAH (2021) PEMBINAAN KETERAMPILAN SEBAGAI METODE UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KLAS II BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (13MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor kurangnya kepercayaan diri anak didik pemasyarakatan yang dapat menghambat munculnya potensi baik dalam diri mereka, pembinaan keterampilan handycraft ini dilaksanakan sebagai salah satu metode atau cara untuk meningkatkan kepercayan diri anak didik pemasyarakatan menjadi individu yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan pembinaan keterampilan handycraft pada anak didik pemasyarakatan di LPKA Klas II Bandar Lampung 2) untuk mengetahui hasil dari pembinaan keterampilan handycraft dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak didik pemasyarakatan serta manfaat yang dirasakan anak didik pemasyarakatan selama mengikuti pembinaan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu 182 orang terdiri dari 88 anak didik pemasyarakatan, dan 94 pembina. Sampel yang penulis ambil adalah 10 orang yang terdiri dari 5 pembina dan 5 orang anak didik pemasyarakatan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul lalu dianalisis dengan tahap-tahap : reduksi data, penyajian data, kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pelaksanaan pembinaan keterampilan handycraft, melalui 3 tahap : pembinaan tahap awal terdapat assessment, masa pengenalan lingkungan, sidang TPP, perencanaan dan pelaksanaan program pembinaan handycraft, serta penilaian. Pembinaan tahap lanjutan perencanaan dan pelaksanaan program pembinaan lanjutan, penilaian terhadap program pembinaan, perencanaan dan pelaksanaan program asimilasi. Pembinaan tahap akhir, perencanaan program integrasi dan pembebasan bersyarat. 2) Hasil dari pembinaan keterampilan handycraft ini kepada anak didik pemasyarakatan adalah sebuah perilaku baru, perilaku baru yang mengarahkan mereka untuk menjadi individu yang lebih percaya diri. Kepercayaan diri anak didik pemasyarakatan berubah dari kepercayaan diri untuk berbuat kriminal menjadi kepercayaan diri untuk berbuat baik dan berprestasi. Maka bisa dikatakan kepercayaan diri itu meningkat. Pembinaan handycraft ini meningkatkan kepercayaan diri anak didik pemasyarakatan dengan menggunakan penanaman nilai-nilai kebaikan seperti sabar, teliti, hati-hati, kerjasama, komunikasi, tolong menolong, taat perintah dan aturan. Adapun manfaat yang dirasakan anak didik pemasyarakatan selama mengikuti pembinaan handycraft : a) Mendapatkan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman baru b) Anak didik pemasyarakatan dapat mengekspresikan diri c) Anak didik pemasyarakatan lebih banyak berinteraksi d) Membuat masa hukuman yang mereka jalani tidak terasa lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 05:41
Last Modified: 19 Jan 2021 05:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12915

Actions (login required)

View Item View Item