FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAYANAN CALON JAMA’AH HAJI DAN UMROH DI PT MADINAH AL MUNAWAROH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

GITA, ANANDA PUTRI (2021) FUNGSI MANAJEMEN DALAM PELAYANAN CALON JAMA’AH HAJI DAN UMROH DI PT MADINAH AL MUNAWAROH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI GITA ANANDA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Fungsi Manajemen Dalam Pelayanan Calon Jama’ah Haji dan Umroh Di PT Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung”, merupakan penelitian kualitatif, dengan populasi sebanayak 17 dari karyawan dan 1040 orang jamaah dalam kurun waktu 3 tahun (2017-2019) dengan sampel sebanyak 5 orang. Fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan fungsi manajemen dalam pelayanan calon jamaah haji dan umroh di PT Madinah Al Munawaroh. Adapun untuk memperoleh data-data yang diperlukan pada penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Lembaga penyelenggara ibadah haji dan umrah yang mengklaim bahwa lembaga tersebut mempunyai kualitas pelayanan yang prima. Bahkan ada yang memberikan beberapa bukti agar konsumen percaya terhadap produk-produk yang ditawarkan oleh biro perjalanan haji dan umrah. Namun kenyataannya banyak dijumpai jama’ah yang terlantar bahkan tidak jadi berangkat haji dan umrah karena kelalaian dari pelayanan yang diberikan oleh biro-biro yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu diperlukanlah manajemen pelayanan yang baik dan benar dalam suatu lembaga biro perjalanan haji dan umrah. Oleh sebab itu penulis ingin meneliti lebih jauh tentang manajemen pelayanan umrah. Dimana penulis menggunakan objek penelitiannya PT Madinah Al Munawaroh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perusahaan merespon keinginan para pelanggannya dengan memberikan pelayanan yang baik dan profesional agar jama’ah haji dan umrah bisa melaksanakan ibadah haji dan umrah dengan lancar, tertib, aman, dan nyaman. (2) Penerapan fungsi manajemen dalam pelayanan ibadah haji dan umrah pada PT Madinah Al Munawaroh, yaitu fungsi perencanaan, perencanaan di PT Madinah Al Munawaroh adalah perekrutan calon jamaah, menyusun dan menetapkan jadwal keberangkatan, merencanakan biaya dan paket yang akan ditawarkan, penetapan jadwal keberangkatan, menetapkan jadwal dan konsep untuk kegiatan bimbingan baik ditanah air atau saat ditanah suci. Selanjtutnya fungsi pengorganisasian, pada travel ini penerapan fungsi pengorganisasiannya adalah mengelompokkan atau saling terkait antara divisi dengan divisi lainnya. Fungsi pelaksanaan yang dilakukan dalam hal ini adalah melakukan semua pekerjaan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Yang terakhir yaitu fungsi pengawasan yang dilakukan adalah mengawasi seluruh rangkaian kegiatan apakah sudah sesuai dengan yang telah disepakati atau tidak. Dapat disimpulkan bahwa manajemen pelayanan di PT Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung yang terkait dengan fungsi manajemen dan bagaimana manajemen pelayanan yang diberikan PT Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung, telah memiliki manajemen pelayanan yang cukup baik serta dapat mengoptimalkan fungsi manajemen dalam memfasilitasi calon jamaah umrah sebelum pemberangkatan sampai dengan setelah pelaksanaan ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 05:37
Last Modified: 19 Jan 2021 05:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12913

Actions (login required)

View Item View Item