PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC) DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di JII)

RIZKI, KURNIA ILAHI (2021) PENGARUH PENGUNGKAPAN ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (ERC) DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di JII). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Islamic Corporate Sosial Responsibility (ICSR) merupakan tanggung jwab sosial perusahaan yang merupakan sebuah konsep CSR yang menekankan pada pendekatan kerohanian sebagai dasar dari kewajiban perusahaan untuk memiliki tanggung jawab sosial kepada lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pengungkapan Islamic corporate social responsibility (ICSR) terhadap earning response coefficient (ERC) dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating, studi pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2014-2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain, bagaimana pengaruh pengungkapan Islamic corporate social responsibility (ICSR) terhadap earning response coefficient (ERC)? bagaimana ukuran perusahaan memoderasi pengaruh pengungkapan Islamic corporate social responsibility (ICSR) terhadap earning response coefficient (ERC)? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian bersifat eksplanatif, sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII), populasi dalam penelitian ini adalah 30 perusahaan, teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling, serta yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 12 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi moderasi dengan uji selisih mutlak dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ICSR tidak berpengaruh positif signifikan terhadap ERC dengan nilai signifikan sebesar 0,518 > 0,05. Hasil yang tidak berpengaruh positif dan signifikan mengindikasikan bahwa investor memiliki kepercayaan yang rendah terhadap informasi ICSR yang diungkapkan oleh perusahaan. Selain itu dapat dikatakan bahwa investor masih belum memperhatikan ICSR yang dilaporkan oleh perusahaan untuk mempengaruhi investor dalam mengambil keputusan investasi. Serta hasil analisis regresi moderasi diperoleh nilai signifikan variabel moderating sebesar 0,751 > 0,05 mengindikasikan bahwa ICSR terhadap ERC tidak dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Artinya secara statistik ukuran perusahaan tidak berperan aktif dalam pengungkapan ICSR terhadap ERC. Hal ini dikarenakan investor menganggap bahwa ukuran perusahaan yang besar belum tentu memiliki laba yang baik, namun investor lebih memilih melihat kondisi pasar perusahaan secara umum daripada melihat total asetnya dan informasi mengenai ICSR tidak mampu menurunkan angka ketidakpastian perusahaan di masa yang akan datang. Kata kunci: Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR), Earning Response Coefficient (ERC), Ukuran Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:57
Last Modified: 19 Jan 2021 04:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12908

Actions (login required)

View Item View Item