AKTIVITAS DAKWAH GERAKAN PEMUDA (GP) ANSOR DALAM MENINGKATKAN TALI SILATURAHMI DI KECAMATAN PURBOLINGGO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

ALWANUL, FIKRI (2021) AKTIVITAS DAKWAH GERAKAN PEMUDA (GP) ANSOR DALAM MENINGKATKAN TALI SILATURAHMI DI KECAMATAN PURBOLINGGO KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aktivitas dakwah adalah suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan manusia, organisasi atau lembaga untuk mencapai memenuhi kebutuhan hidupnya. Aktivitas seperti belajar, bersekolah, mengikuti majelis ilmu, berdiskusi, serta kegiatan-kegiatan lainnya adalah salah satu contoh kebutuhan manusia.Gerakan Pemuda (GP) Ansor adalah sebuah organisasi kepemudaan, kemasyarakatan, dan keagamaan yang berwatak kerakyatan. Gerakan Pemuda Ansor adalah badan otonom dibawah naungan Nahdlatul Ulama (NU). Gerakan Pemuda (GP) Ansor tidak hanya berusaha membangun dan mewujudkan masyarakat yang memiliki pemahaman akidah islam, akan tetapi Gerakan Pemuda (GP) Ansor juga berusaha meningkatkan tali silaturahmi antar sesama manusia. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas dakwah Gerakan Pemuda (GP) Ansor dalam meningkatkan tali silaturahmi di Kecamatan Purbolinggo dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Gerakan Pemuda (GP) Ansor dalam meningkatkan silaturahmi di Kecamatan Purbolinggo.Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseach) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Metode pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya penelitian tersebut dianalisa menggunakan analisis kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata yang peneliti amati.Dari hasil penelitian lapangan ditemukan aktivitas dakwah yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode dakwah seperti dakwah bil-lisan, dakwah dan dakwah bilhaal serta unsur-unsur dakwah seperti pelaku dakwah (Da’i), penerima dakwah (Mad’u), materi Dakwah (Maddah), media Dakwah (Wasilah), metode dakwah (Approach) dan efek dakwah (Atsar). Dari hasil penelitian juga peneliti dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat seperti Sumber Daya Manusia, Organisasi Yang Solid, Struktur Kepengurusan, Memiliki Satkoriyon Banser, dukungan dari masyarakat sekitar yang mendukung penuh aktivitas dakwah yang dilakukan Ansor. Faktor penghambatnya seperti, Kaderisasi Yang Kurang Efisien, Kurangnya Semangat Antar Individu menjadikan hambatan tersendiri dalam aktivitas dakwah yang dilakukan oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:58
Last Modified: 19 Jan 2021 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12907

Actions (login required)

View Item View Item