ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM TANGGUNG RENTENG DAN DAMPAKNYA TERHADAP ZERO BAD DEBT (Studi Pada Bank Wakaf Mikro Minhadlul’Ulum Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran)

Sinta, Mulyati (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM TANGGUNG RENTENG DAN DAMPAKNYA TERHADAP ZERO BAD DEBT (Studi Pada Bank Wakaf Mikro Minhadlul’Ulum Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (6MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Bank Wakaf Mikro hadir untuk membantu keluhan nasabah terutama nasabah perempuan, menawarkan pinjaman tanpa agunan yaitu menggunakan akad qardh dan sistem tanggung renteng dan dalam pelaksanaannya dilakukan secara kelompok, untuk mengantisipasi anggota yang tidak hadir atau tidak membayar angsuran. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih jauh terhadap implementasi sistem tanggung renteng dan dampaknya terhadap zero bad debt pada Bank Wakaf Mikro Minhadlul’Ulum. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi sistem tanggung renteng pada Bank Wakaf Mikro Minhadlul’Ulum dan apakah sistem tanggung renteng berdampak terhadap zero bad debt serta bagaimana implementasi sistem tanggung renteng dan dampaknya terhadap zero bad debt dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data diperoleh dari lokasi yang berada di Bank Wakaf Mikro Minhadlul’Ulum yang difokuskan pada implementasi sistem tanggung renteng dan dampaknya terhadap zero bad debt. Implementasi sistem tanggung renteng yang ada pada Bank Wakaf Mikro Minhadlul’Ulum berperan sebagai strategi Bank dalam mencegah terjadinya piutang tak terbayar. Apabila ada anggota yang tidak membayar maka sudah menjadi kewajiban anggota kelompoknya yang membayar angsuran tersebut, dengan tanggung renteng kemudian anggota kelompok yang dibayarkan dengan tanggung renteng wajib mengganti uang tersebut, sehingga tidak adanya piutang tak tertagih atau kerugian piutang 0%. Pembiayaan pada Bank Wakaf Mikro Minhadlul’Ulum menggunakan akad qardh dan dalam pelaksanaan pembayaran menggunakan sistem tanggung renteng atau akad hiwalah sudah memenuhi rukun dan syarat yang telah ditentukan oleh PBI No.7/46/PBI/2005 tentang akad penyaluran dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:49
Last Modified: 19 Jan 2021 04:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12906

Actions (login required)

View Item View Item