ANALISIS SHARIA CROWDFUNDING DALAM PRINSIP SHARIA COMPLIANCE SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PRODUK PERBANKAN SYARI’AH (Studi Pada PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang)

Selma, Ilmalana (2021) ANALISIS SHARIA CROWDFUNDING DALAM PRINSIP SHARIA COMPLIANCE SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PRODUK PERBANKAN SYARI’AH (Studi Pada PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena perekonomian dunia telah berubah dari waktu ke waktu. Perubahan ini telah menghasilkan suatu istilah baru yang menghubungkan antara perkembangan ekonomi dan digital yang disebut dengan financial technology (fintech). Diantara dampak dari perkembangan fintech yaitu munculnya platform pengumpulan dana dari masyarakat yang bergerak dengan berprinsip syariah atau biasa disebut dengan sharia crowdfunding. PT. Bank BNI Syariah memiliki produk yang berkonsep sharia crowdfunding yaitu Wakaf Hasanah. Produk ini berguna untuk masyarakat yang ingin mewakafkan harta bendanya secara produktif dan digunakan untuk kepentingan umat. Implementasi produk Wakaf Hasanah tentunya harus mematuhi prinsip sharia compliance, yaitu suatu bentuk kepatuhan syariah berbentuk ketaatan bank syariah dalam memenuhi prinsipprinsip syariah dalam operasional usahanya. Terobosan pada PT. Bank BNI Syariah ini perlu mendapat respon positif dari kalangan akademisi sehingga apa yang telah diusahakan PT. Bank BNI Syariah dapat dikaji secara ilmiah dan pada akhirnya akan mampu memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan wakaf tunai di Indonesia. Permasalahan yang akan diteliti adalah terkait implementasi konsep sharia crowdfunding pada PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang dan kesesuaiannya dengan prinsip sharia compliance. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi sharia crowdfunding pada PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang dan juga melihat kesesuaiannya dengan prinsip sharia compliance. Penelitian ini menggunakan pendekan deskriptif kualitatif. Penulis mengambil data dari wawancara dengan Operating Manager, Customer Service dan Funding Officer PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang, untuk melihat implementasi dari konsep sharia crowdfunding pada penghimpunan dan penyaluran dana dari produk Wakaf Hasanah.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dari Miles dan Huberman, yaitu melakukan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data yang diperoleh dan menyimpulkan serta memverifikasi hasil yang didapat. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang dalam mengimplementasikan konsep sharia crowdfunding pada produknya ialah dengan menjalankan produk yang dinamakan Wakaf Hasanah. PT. Bank BNI Syariah KC Tanjung Karang juga dalam mengimplementasikan konsep sharia crowdfunding dinilai telah sesuai dengan prinsip sharia complience. Kata kunci: Sharia Crowdfunding, Sharia Compliance, Wakaf Hasanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:23
Last Modified: 19 Jan 2021 04:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item View Item