KOMUNIKASI PERSUASIF DA’I KEPADA MASYARAKAT YANG BERBEDA MAZHAB DI DUSUN PASAR LAMA LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR

Ekawati, Anggun (2017) KOMUNIKASI PERSUASIF DA’I KEPADA MASYARAKAT YANG BERBEDA MAZHAB DI DUSUN PASAR LAMA LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Ekawati.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Komunikasi persuasif adalah “ komunikasi yang bersifat mempengaruhi audience atau komunikannya, sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator.” Yang dikehendaki dalam komunikasi persuasif adalah perubahan perilaku, keyakinan, dan sikap yang lebih mantap seolah-olah perubahan tersebut bukan atas kehendak komunikator akan tetapi justru kehendak komunikan sendiri. Komunikasi persuasif yang dimaksud dalam skripsi ini adalah komunikasi yang dilakukan komunikator (Da’i) untuk mempengaruhi sikap,perilaku atau keyakinan komunikan(Mad’u) yang berbeda mazhab untuk menjadi lebih baik sesuai yang diharapakan oleh Da’i. Masalah penelitian yang penulis kemukakan adalah: Upaya dan tujuan komunikasi persuasif yang dilakukan Da’i pada masyarakat yang berbeda Mazhab di Dusun Pasar Lama Labuhan Maringgai Lampung Timur. Metode yang digunakan adalah metode Wawancara, metode Observasi, dan Dokumentasi, maka selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis Tematik. Setelah semua data terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa Tematik yaitu Mengklasifikasi secara cermat dengan mengelompokkan menurut bagian masingmasing, kemudian dipilih sesuai dengan pokok bahasan. Dari hasil temuan dilapangan: Upaya Komunikasi Persuasif yang dilakukan Da’i adalah petama pendekatan dengan masyarakat, kedua mencari tahu alasan masyarakat enggan sholat di Masjid Dusun Pasar Lama Labuhan Maringgai Lampung Timur, ketiga memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat tentang perbedaan Mazhab, keempat setelah mengetahui alasan yang sesungguhnya Da’ipun mendekati beberapa masyarakat yang dianggap cukup berpengaruh dalam masalah ini, dan Da’i mengajak masyarakat untuk ikut kegiatan majelis Ta’lim untuk mengkaji dan mempelajari tentang perbedaan Mazhab yang lebih baik. Adapun Tujuan yang diharapkan dari komunikasi persuasif yang dilakukan da’i pada masyarakat yang berbeda mazhab adalah terciptanya kerukunan antar masyarakat, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan masyarakat, dan meningkatkan kesadaran ibadah masyarakat. Walaupun tujuan tidak berhasil secara sempurna sesuai yang diharapkan da’i, namun sebagian dari masyarakat sudah memperlihatkan respon yang positif yaitu tidak lagi mempermasalahkan tentang halhal megenai perbedaan mazhab dan mampu menciptakan hidup rukun dan saling toleran terhadap sesama walaupun berbeda mazhab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Sep 2017 07:16
Last Modified: 05 Sep 2017 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item