PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 8 SEBAGAI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

FERYANSYAH, PUTRA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO 8 SEBAGAI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang dapat digunakan dalam media pembelajaran di kelas berupa media pembelajaran audio visual menggunakan camtasia studio 8. Untuk mengetahui tingkat kelayakannya dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Penelitian juga melibatkan siswa SMP Negeri 2 Seputih Surabaya untuk mengetahui tingkat kemenarikan dan sebagai pemahaman konsep siswa dari penggunaan media audio visual menggunakan camtasia studio 8 pada materi aljabar. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D)dengan model pengembangan ADDIE tahapan yang dilakukan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner dan wawancara. Uji kemenarikan dilapangan dilakukan dengan uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Uji kemenarikan skala kecil terdiri dari 5 siswa dari kelas VIII dan 5 siswa dari kelas IX, Sebanyak 10 peserta didik dipilih secara acak untuk uji skala kecil. Sedangkan uji kemenarikan dengan sekala besar dilakukan di kelas VIII dengan jumlah sebanyak 27 peserta didik. Uji kemenarikan ini bertujuan agar mengetahui apakah media pembelajaran ini menarik untuk salah satu media untuk belajar siswa dengan memberikan angket kepada siswa kemudian diisi setiap pertanyaan pada angket tersebut oleh siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan berupa video audio visual ini sudah dinyatakan layak digunakan dan sangat menarik diterapkan dalam proses pembelajaran. Kekurangan media pembelajaran ini hanya tertuju pada satu materi sehingga media audio visual ini hanya membantu siswa dalam memahami operasi hitung aljabar dan diharapkan selalu ada pembaharuan dalam mengembangkan media pembelajaran untuk materi materi selanjutnya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis challeging task valid (layak), menarik untuk digunakan sebagai sumber pembelajaran, dan dapat digunakan sebagai pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: Pengembangan Audio Visual, Camtasia Studio 8, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jan 2021 06:19
Last Modified: 14 Jan 2021 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

View Item View Item