ANALISIS SOFTSKILLS MAHASISWA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KURIKULUM PGMI FTK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

PUTRI, INDAH PERMATA SARI (2021) ANALISIS SOFTSKILLS MAHASISWA DAN HUBUNGANNYA DENGAN KURIKULUM PGMI FTK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (911kB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Keterampilan merupakan kemampuan dalam menggunakan akal, fikiran, ide serta kreatifitas dalam mengerjakan atau mengubah sesuatu menjadi lebih bermakna. Soft yang berarti lunak atau lembut sedangkan skills merupakan suatu kemampuan atau keterampilan. Jadi jika digabungkan softskills berarti suatu kemampuan yang ada dalam diri seseorang yang membedakan mereka dengan orang lain. Kemampuan tersebut merupakan kemampuan yang tidak bisa diukur atau tidak dapat terlihat. Softskills pada mahasiswa memiliki manfaat yang sangat baik untuk mahasiswa maupun urgensi terkait agar lebih memperhatikan akan softskills pada mahasiswa. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimana softskills mahasiswa PGMI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui softskills mahasiswa dan hubungannya dengan kurikulum di PGMI UIN Raden Intan Lampung. Dalam kurikulum softskills dituangkan ke dalam mata kuliah yang ada di PGMI. Sehubungan dengan kurikulum maka softskills diimplementasikan ke dalam mata kuliah di PGMI. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa yang saat ini sedang berlangsung. Dengan kata lain penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan yang ada. Penelitian kali ini meneliti mahasiswa Prodi PGMI semester VI. Alasan pemilihan tempat pada penelitian ini adalah peneliti dapat ikut serta dalam proses pembelajaran untuk mengamati mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti mendapatkan hasil bahwa softskills mahasiswa Prodi PGMI semester VI sudah baik. Terlihat saat pengamatan berlangsung bahwa terdapat mahasiswa yang sudah mempunyai keterampilan diluar dari kemampuan akademis. Terdapat beberapa mahasiswa yang memiliki keterampilan tetapi belum memperdalam kreatifitas tersebut. Softskills juga sangat baik digunakan dalam pembelajaran karena di dalam pembelajaran tidak hanya kognitif saja yang dinilai dengan softskills mahasiswa bisa berkomunikasi, bekerjasama dengan baik. Jadi softskills mahasiswa prodi PGMI sudah berjalan dengan baik. Kata kunci : Analisis, Softskills, Mahasiswa, Kurikulum

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jan 2021 05:05
Last Modified: 14 Jan 2021 05:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12874

Actions (login required)

View Item View Item