MANAJEMEN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

ERWIN, ARDIANSYAH (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERWIN ARDIANSYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan bagaimana manajemen pembelajaran akidah akhlak di MA Muhammadiyah Bandar Lampung. Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak itu sendiri adalah proses atau kegiatan merancang kegiatan pembalajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, agar pembelajaran berlangsung dengan efektif dan efisien. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam hal ini yaitu dengan mengamati kegiatan pembelajaran di MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung khususnya pembelajaran akidah akhlak, baik di dalam maupun di luar kelas, bagaimana guru melaksanakan manajemen pembelajaran akidah akhlak. Dimana sekolah ini adalah sekolah yang berbasis islam, dimana pembelajaran agama islam lebih banyak dan lebih di utamakan, harusnya dengan pembelajaran seperti ini dapat menghasilkan siswa-siswa yang berakhlaktul karimah, bukan malah sebaliknya, ini lah masalah yang harus di teliti, apa yang membuat masalah ini terjadi di MA Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer di peroleh langsung dari responden mengenai pelaksanaan menajemen pembelajaran akidah akhlak, sedangkan data sekunder diperoleh dari berupa teori-teori serta data penunjang lainnya di peroleh dari dokumentasi sekolah. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendiskripsikan manajemen pembelajaran akidah akhlak di MA Muhammadiyah Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pembelajaran akidah akhlak di MA Muhammadiyah Bandar Lampung bisa di katakana kurang baik, guru kurang tegas dalam menindak siswa yang bermasalah di sekolah,guru melaksanakan pembelajaran yang kurang menyenangkan lebih cenderung monoton, kemudian tidak menggunakan media pembelajaran tambahan yang justru membuat suasana pembelajaran menjadi membosankan, dan mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran dengan nilai, bukan dari akhlak siswa dalam kehidupannya sehari-hari. Ini menunjukkan masalah serius yang harus segera di selesaikan, guru sebaiknya lebih serius dan lebih peduli dalam membentuk siswa yang berakhlatul karimah. Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:57
Last Modified: 14 Jan 2021 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12868

Actions (login required)

View Item View Item