PERAN PONDOK PESANTREN SIROJUT THOLIBIN DALAM PEMBINAAN AQIDAH TERHADAP MASYARAKAT (Studi di Desa Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur)

Arianti, Rara Arjani Ningsih (2021) PERAN PONDOK PESANTREN SIROJUT THOLIBIN DALAM PEMBINAAN AQIDAH TERHADAP MASYARAKAT (Studi di Desa Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (4MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh Arianti Rara Arjani Ningsih Aqidah menempati kedudukan yang sangat penting pada manusia dan juga pada kalangan masyarakat. Aspek yang mempengaruhi aqidah pada manusia yang sangat berpengaruh bagi pembentukan aqidah seseorang adalah diantaranya aspek lingkungan karena manusia adalah mahluk sosial yang selalu berhubungan dan membutuhkan manusia lain. Dengan kata lain sempurna atau tidaknya aqidah seseorang berpengaruh dengan lingkunganya. Oleh karena itu agar aqidah pada masyarakat baik dan sesuai dengan tujuanya maka perlu adanya lembaga dan organisasi Islam yang bisa membina aqidah masyarakat. Skripsi yang berjudul Peran Pondok Pesantren Sirojut Tholibin Dalam Pembinaan Aqidah Terhadap Masyarakat Studi Desa Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur pada dasarnya masyarakat mayoritas beragama Islam dan memiliki aqidah sudah baik tetapi masih ada beberapa masyarakat yang memiliki aqidah yang menyimpang dari ajaran Islam. Oleh sebab itu perlu adanya pembinaan aqidah yang dilakukan oleh lembaga keagamaan salah satunya pondok pesantren Sirojut Tholibin. Peneitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) bersifat kualitatif dalam bidang filsafat. Adapun metode pengumpulan data sebagai berikut yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Dalam analisa data peneliti juga menggunakan beberapa metode diantaranya deskripsi, hermeneutika serta interpretasi. Hasil dari penelitian ini yaitu : Pondok pesantren berperan dalam pembinaan aqidah masyarakat Desa Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan berbasis keagamaan diantaranya adalah pengajian, adapun faktor pendukungnya adalah materi pembinaan aqidah terhadap masyarakat ada dan faktor penghambatnya adalah masyarakat sulit untuk mengukuti kegiatan rutin setiap minggu berturutturut karena bekerja dan sulit untuk membagi waktu. Didalam lingkungan pondok pesantren Sirojut Tholibin difokuskan dalam pembinaan Aqidah terhadap masyarakat sekitarnya, karena merupakan pondasi dasar dalam pengamalan peribadatan terutama yang terkait dengan ketauhidan atau pengesaan terhadap sang pencipta alam semesta ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Aqidah Filsafat
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:54
Last Modified: 13 Jan 2021 04:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12865

Actions (login required)

View Item View Item