EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MISKIN DI DESA BANJARMASIN KECAMATAN KOTA AGUNG BARAT KABUPATEN TANGGAMUS

Fiolita, Nur Wulandari (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MISKIN DI DESA BANJARMASIN KECAMATAN KOTA AGUNG BARAT KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kesejahteraan masyarakat merupakan suatu keadaan terpenuhinya kebutuhan hidup yang layak bagi masyarakat, sehingga mampu mengembangkan diri dan dapat mendapatkan bentuk pelayanan sosial yang meliputi rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial, namun kurangnya pengetahuan, pendidikan dan ketidak berdayaan masyarakat membuat masyarakat jauh dari kata sejahtera. Keadaan seperti ini terjadi pada masyarakat di Desa Banjarmasin Kecamatan Kota Agung Barat, dimana masyarakatnya masih banyak yang belum sejahtera oleh sebab itu pemerintah memberikan bantuan berupa Program Keluarga Harapan (PKH). Penulis mengadakan penelitian mengenai efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin di Desa Banjarmasin Kecamatan Kota Agung Barat Kabupaten Tanggamus, dengan rumusan masalah: 1. Bagaimana pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin di Desa Banjarmasin ? 2. Bagaimana Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin di Desa Banjarmasin ?, Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk Mengetahui pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin di Desa Banjarmasin ! 2. Untuk Mengetahui Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin di Desa Banjarmasin !. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 8 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis dengan metode induktif. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, didapat temuan sebagai berikut : dalam pelaksanaan PKH ditentukan enam tahap seperti penetapan sasaran, penetapan lokasi, pertemuan awal serta validasi, penyaluran bantuan, pembentukan kelompok dan pemutahiran data. Selain itu dalam proses efektivitas PKH memenuhi beberapa tahapan seperti efektivitas, efisiensi, edukasi, kemerataan, responsivitas dan ketepatan. Kata kunci : Efektivitas, Program Keluarga Harapan (PKH)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:54
Last Modified: 07 Jan 2021 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12845

Actions (login required)

View Item View Item