TINGKAT PROFESIONAL GURU PAUD BERDASARKAN KUALIFIKASI AKADEMIK DAN MASA KERJA GURU DI KECAMATAN SUMBER JAYA

Devi, Kurniawati (2021) TINGKAT PROFESIONAL GURU PAUD BERDASARKAN KUALIFIKASI AKADEMIK DAN MASA KERJA GURU DI KECAMATAN SUMBER JAYA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER - BAB - II - DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Devi Kurniawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Guru profesional adalah faktor utama dalam meningkatakan kualitas pendidikan, dalam hal ini guru yang profesional harus memiliki kualifiakasi akademik yang sesuai dengan bidangnya. Seorang guru yang profesional dapat menentukan kualitas pendidikan yang ada, maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan ciri atau karakteristik guru profesional. Begitu pula masa kerja yang dimiliki oleh guru memperkuat kualifikasi akademik guru melalui pengalaman, pengetahuan dan kebiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat profesional yang dimiliki guru PAUD di kecamatan Sumber Jaya dilihat berdasarkan kualifikasi akademik yang dimilikinya serta mengapa masa kerja menjadi faktor perbedaan itu dapat terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan metode dan jenis penelitian Sequential Explanatory Mixed Methods, seluruh guru TK, RA dan PAUD di kecamatan Sumber Jaya merupakan populasi dengan jumlah 9 TK/RA dan 5 KB dengan guru ada 65 dan 31 guru dari 5 TK, RA dan PAUD menjadi sampel penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan angket (Kuesioner), wawancara dan dokumen analisis. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis kuanitatif deskriptif (uji normalitas, uji homogenitas dan two way ANOVA) menggunakan software SPSS v20.0, sedangkan data kualitatif di analisis dengan analisis Milles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 3 (9,7%) guru memiliki tingkat profesional dalam menguasai materi ajar yang cukup tinggi dimana kriteria PAP (Penilaian Acuan Patokan) 81-90, 22 (70,9%) guru memiliki tingkat profesional dalam menguasai materi yang tinggi dengan kriteria PAP 91-105, dan 6 (19,4%) memiliki tingkat profesional dalam menguasai materi ajar yang sangat tinggi dengan kriteria PAP 106 -125. Analisis two way ANOVA memperlihatkan Sig > 0,05 yaitu 0,325 > 0,05 pada baris pendidikan sehingga H0 yang diajukan diterima dan disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pada profesional guru PAUD dalam menguasai materi ajar berdasarkan kualifikasi akademik yang dimiliki oleh guru. Baris masa kerja menunjukan 0,737 > 0,05 sehingga H0 di terima dengan kesimpulan tidak ada perbedaan tingkat profesional guru PAUD berdasarkan masa kerja guru, pada baris interaksi pendidikan*masa kerja menunjukan 0,158 > 0,05 dan disimpulkan tidak ada interaksi antara pendidikan dan masa kerja pada tingkat profesional guru PAUD dalam menguasai materi ajar. Sedangkan hasil wawancara menunjukan bahwa antara kualifikasi akademik berhubungan dengan masa kerja guru serta ada perbedaan profesional antar guru, karena dipengaruhi oleh pengalaman, kebiasaan dan pengetahuan guru selama mengajar, dan dokumen analisis tidak memperlihatkan adanya perbedaan, hal ini karena guru membuat perencanaan pembelajaran pada awal masuk mengajar dan tidak berubah sampai ada perubahan pada kurikulum. Kesimpulannya tidak ada perbedaan tingkat profesional guru PAUD dalam menguasai materi ajar berdasarkan kualifikasi akademik dan masa kerja guru. Kata kunci : Kualifikasi Akademik, Masa Kerja, PAUD, Profesional Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:19
Last Modified: 06 Jan 2021 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12831

Actions (login required)

View Item View Item