PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DI MTS N 2 BANDAR LAMPUNG

M Gupron, Afif Nur (2021) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DI MTS N 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI M Gupron Afif Nur.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala madrasah sebagai penentu kebijakan di sekolah juga harus mengfungsikan perannya secara maksimal dan mampu memimpin madrasah dengan bijak dan terarah serta mengarah kepada pencapaian tujuan yang maksimal demi meningkatkan kualitas kelulusan peserta didik. Oleh karena itu, seorang kepala madrasah memiliki wawasan yang luas dan keahlian manajerial. Persoalan yang paling utama dalam pendidikan adalah tentang kepemimpinan yang baik, oleh karena itu masalah sangatlah penting untuk diperhatikan. Kepala madrasah memiliki peran, salah satunya adalah kepala madrasah sebagai manajer yaitu Kepala madrasah harus mampu mengimplementasikan planning, organizing, actuating, dan controling. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti Peran kepala madrasah sebagai manajer di MTs N 2 Bandar lampung. Dengan demikian rumusan masalah yang penulis kemukakan adalah, “Bagaimana peran Kepala Madrasah sebagai manajer di MTs N 2 Bandar Lampung?. ”Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui planning, oganizing, actuating, dan controling, Seorang Kepala Madrasah dalam perannya sebagai manajer di MTs N 2 Bandar lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Kepala Madrasah melakukan perannya sebagai Manajer adalah motor penggerak di madrasah melakukan planning dengan melihat kebutuan madrasah, mengorganizing dengan cara membagi panitia tiap-tiap pengurus dengan memberikan tanggung jawab, kemudian melakukan actuating dengan menyesuaikan dengan jadwal, dan melakukan controling dengan cara memberikan tugas kepada tenaga pendidik yang mengampui kebutuhan calon pendidik tersebut, jadi tidak hanya kepala madrasah yang mengotrol tetapi ada pihak yang ikut andil. Kesimpulan penelitian ini, peran kepala madrasah sebagai manajer sudah terlaksana dengan baik, adapun indicator yang digunakan : manajer bekerja dengan dan orang lain, menejer madukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentang dan mendapatkan dan menetapkan proiritas-prioritas, manajer bertanggungjawab dan mepertanggungjawabkan, manajer harus berfikir secara analistis dan konseptual, manajer adalah mediataor, manajer adalah seorang politisi, manajer adalah diplomat, dan manajer mengambil keputusan-keputusan yang sulit. Peran kepala madrasah sebagai manajer agar lebih mendalam lagi dan merunjuk pada indikator peran kepala madrasahnya. Kata kunci : Peran Kepala Madrasah; Manajer

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:55
Last Modified: 06 Jan 2021 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12827

Actions (login required)

View Item View Item