PENGARUH METODE MULTISENSORI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BAGI SISWA PENDERITA DISLEKSIA DI SD NEGERI 2 KALIPAPAN

PUSPA, HIDAYAH (2021) PENGARUH METODE MULTISENSORI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BAGI SISWA PENDERITA DISLEKSIA DI SD NEGERI 2 KALIPAPAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi puspaa hidayahhh bab 1,2 dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of skripsi puspaa hidayahhh full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE MULTISENSORI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA BAGI SISWA PENDERITA DISLEKSIA DI SD NEGERI 2 KALIPAPAN Proses pembelajaran matematika tidak selamanya berjalan mulus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Salah satu faktor penghambat dalam proses pembelajaran matematika adalah adanya peserta didik yang mengalami kesulitan belajar( disleksia). Penelitian ini menggunakan metode mutisensori, metode yang proses pembelajarannya mengunakan semua indra pada manusia. Peserta didik penderita dislesia di SD Negeri 2 Kalipapan masih rendah pemahaman konsep matematikanya, hal ini disebabkan kurang bervariasi dan tidak menggunakan metode yang tepat yang digunakan dalam proses pembelajaran.oleh karena itu dalam penelian ini peneliti menggunakan metode multisensori. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, rancangan eksperimen dalam penelitian yang dilakukan adalah dengan only- posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik yang menderi disleksia kelas 2 SDN 2 Kalipapan. Penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil analisis data penelitian diperoleh nilai Ttabel diambil taraf signifikan 5 % (0,05) diperoleh ttebel = 2,78 dan thitung = 4,00. Kolom keputusan dibuat berdasarkan pada ketentuan pengujian t, yaitu jika thitung ≥ ttabel maka dinyatakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan metode multisensori dan pembelajaran dengan metode konvensional. Kata kunci : Metode multisensori, Pemahaman konsep matematika, Disleksia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:40
Last Modified: 06 Jan 2021 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12825

Actions (login required)

View Item View Item