PENGARUH TANAMAN KANGKUNG (Ipomea aquatica) TERHADAP KONSENTRASI AMONIA UNTUK PERTUMBUHAN TANAMAN PADA AKUAPONIK SEDERHANA

RIA, SEPTIANI (2021) PENGARUH TANAMAN KANGKUNG (Ipomea aquatica) TERHADAP KONSENTRASI AMONIA UNTUK PERTUMBUHAN TANAMAN PADA AKUAPONIK SEDERHANA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER_bab1-2_dapus.pdf] PDF
Download (597kB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH TANAMAN KANGKUNG (Ipomea aquatica) TERHADAP KONSENTRASI AMONIA UNTUK PERTUMBUHAN TANAMAN PADA AKUAPONIK SEDERHANA Oleh: RIA SEPTIANI Akuaponik yaitu kombinasi akuakultur dan hidroponik untuk memelihara ikan dan tanaman dalam satu sistem yang terhubung. Akuakultur merupakan budidaya ikan, sedangkan hidroponik yaitu memberdayakan air. Pada akuaponik limbah yang dihasilkan baik dari kotoran ikan ataupun sisa pakan disebut dengan amonia. Amonia dimanfaatkan sebagai unsur hara oleh tanaman. Amonia diubah menjadi unsur nitrogen oleh bakteri pengurai sebelum dimanfaatkan untuk pertumbuhan tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas tanaman kangkung dalam memanfaatkan amonia untuk pertumbuhan tanaman. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020 di Desa Negara Batin Kecamatan jabung Kabupaten Lampung Timur dan pengukuran kandungan senyawa air kolam dilakukan di UPTD Balai Laboratorium Kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu A (kontrol, tanpa menggunakan tanaman kangkung), B (menggunakan tanaman kangkung 5 batang per rumpun), C (menggunakan tanaman kangkung 10 batang per rumpun), D (menggunakan tanaman kangkung 15 batang per rumpun). Penelitian air kolam dilakukan pada hari ke 1, ke 15 dan ke 30, pengukuran tanaman dilakukan pada hari ke 16, ke 23 dan ke 30. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara eksperimen, pengamatan dan dokumentasi, data yang diperoleh dianalisis varians (anova). Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil dari perhitungan uji anova terhadap semua perlakuan, tanaman kangkung tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap konsentrasi amonia maupun parameter air kolam lainnya. Pada pengukuran tinggi tanaman terdapat perbedaan yang nyata terhadap tiga perlakuan pada hari ke 30. Sedangkan pada pengukuran lebar daun dan jumlah daun tidak ada perbedaan yang nyata antara tiga perlakuan. Kata kunci: Akuaponik, amonia, kangkung (Ipomea aquatica)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2021 04:05
Last Modified: 05 Jan 2021 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12816

Actions (login required)

View Item View Item