BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBINA KEMANDIRIAN ANAK DI PANTI ASUHAN PEDULI HARAPAN BANGSA KECAMATAN RAJABASA BANDAR LAMPUNG

LENI, MEDIANA (2021) BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBINA KEMANDIRIAN ANAK DI PANTI ASUHAN PEDULI HARAPAN BANGSA KECAMATAN RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENI MEDIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan keagamaan merupakan proses bantuan yang diberikan oleh pembimbing kepada seseorang untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi melalui proses keagamaan agar mereka tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Bimbingan ini dapat menjadi wadah untuk mengatasi prilaku membina kemandirian anak dengan memberikan arahan-arahan yang baik sesuai dengan petunjuk Allah SWT sehingga anak mengerti tentang kemandirian untuk masa depan yang lebih baik. Bimbingan keagamaan yang diberikan kepada anak Panti Asuhan yang berhubungan dengan akidah, ibadah, dan akhlak sehingga menjadi pengendali dalam segala tindakan, karena apabila anak-anak tidak mendapatkan bimbingan keagamaan sejak dini maka akan sulit mereka membiasakan diri saat dewasa karena hal tersebut tidak di tanamkan sejak dini. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul ini di karenakan pembinaan kemandirian anak di Panti Asuhan mengingat bahwa di panti asuhan memiliki banyak dari sikap anak yang kurang mandiri sehingganya penelitian ini di lakukan supaya dapat menjadi sumbangsih pemikiran keilmuan dan memberikan motivasi kepada anak panti. Kemudian yang menjadi pokok permasalahan yaitu “Bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam membina kemandirian anak di Panti Asuhan Peduli Harapan Bangsa Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung dan Bagaimana Hasil Bimbingan Keagamaan dalam membina kemandirian anak di Panti Asuhan Peduli Harapan Bangsa Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 Ketua Panti Asuhan, 5 Seluruh Pembimbing/Pengajar, serta 20 anak asuh jadi populasinya 26 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah Pembimbing/Pengajar 2 orang dan anak asuh 5 orang jadi sampelnya 7 orang. Dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan yang dilakukan di Panti Asuhan Peduli Harapan Bangsa dilakukan secara berkelompok/tatap muka secara langsung antara pembimbing dengan anak asuh, pelaksanaan bimbingan keagamaan menggunakan metode ceramah melalui pendekatan behavioral yang menekankan pada individu untuk membantu mengambil langkah yang jelas dalam mengubah tingkah laku anak. Bimbingan keagamaan dilaksanakan dalam 6 kali pertemuan dalam 1 minggu. Pembimbing memberikan materi tentang akidah, akhlak dan membaca Al-Qur‟an agar anak asuh mampu memahami dan mengetahui anjuran dan larangan yang diperintahkan oleh Allah SWT. Dari hasil bimbingan keagamaan yang dilakukan dipanti asuhan peduli harapan bangsa mampu menunjukan perubahan dari sebelumnya. Banyak anak panti yang dulu merasa sangat awam bahkan tidak tahu apa-apa tentang ajaran agama dalam pemahaman dan praktik keagamaan kini sudah banyak menunjukan perubahan. Perubahan itu berupa perubahan perilaku, akhlak, maupun tingkah laku anak asuh yang berada dipanti asuhan peduli harapan bangsa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:28
Last Modified: 05 Jan 2021 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12812

Actions (login required)

View Item View Item