ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DI TOKOPEDIA

Reni, Widya Ningsih (2021) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE DI TOKOPEDIA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENI WIDYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Aktifitas perdagangan merupakan salah satu aspek kehidupan yang bersifat horizontal (Hablum minanas) yang juga mendapatkan penekanan khusus dalam ekonomi islam karena keterkaitannya secara langsung dengan sektor ril. Kegiatan jual beli online dimedia sosial ini memperjual belikan berbagai macam barang ataupun produk seperti tas, buku, baju, elektronik, sepatu, dan masih banyak lagi. Bentuk pemasarannya dapat dilakukan dengan cara menampilkan produk mereka dengan mengupload foto-foto barang tersebut. Ini akan membentuk komunikasi antara penjual dan pembeli maka para pelakuharus memperhatikan etika bisnis, yaitu suatu studi yang di khususkan mengenai moral yang menunjukkan kebenarannya namun sayangnya beberapa konsumen merasa kecewa ketika produk yang dipesan nampak berbeda saat produk tersebut sudah berada ditangan konsumen, sehingga penerapan etika bisnis sangat penting dalam melakukan transaksi jual beli online salah satunya yang dilakukan di Tokopedia. Adapun Rumusan masalah yang diangkat adalah (1) Bagaimana penerapan etika bisnis dalam transaksi jual online di Tokopedia? (2) Bagaimana penerapan etika bisnis dalam jual beli online ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis islam?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan etika bisnis dalam transaksi jual beli online di Tokopedia (2) Untuk mengetahui penerapan etika bisnis islam dalam jual beli online ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis islam. Adapun metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah menggunakan metode kualitatif dimana data yang diperoleh dengan cara wawancara atau observasi serta google form dimana ditunjukkan kepada para pelaku penjual dan pembeli yang ada di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Dimana pokok permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaku jual beli online menerapkan etika bisnis dalam transaksi jual beli di Tokopedia. Adapun narasumber penelitian ini adalah penjual di Tokopedia yang memiliki rating/penilaian toko sebanyak 4,5 bintang. Sedangkan narasumber selaku pembeli adalah orang yang melakukan pembelian di Tokopedia lebih dari 2 kali dalam sebulan. Bedasarkan hasil penelitian observasi dan wawancara menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis dalam jual beli online di Tokopedia sudah memenuhi rukunnya dan sudah sejalan dengan etika bisnis islam namun masih ada beberapa pelanggan atau penjual yang merasa kecewa ketika barang sampai dan tidak sesuai dengan gambar atau sedikit berbeda dengan aslinya serta kualitasnya juga berbeda dengan yang asli. Implikasi dalam penelitian ini memberikan masukan dalam upaya meningkatkan penerapan dalam etika bosnis islam. Kata kunci : Etika Bisnis Islam, Transaksi Jual Beli Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:35
Last Modified: 05 Jan 2021 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12805

Actions (login required)

View Item View Item