Strategi Pemasaran BMT Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Di BMT El Mitra Usaha Tanjung Bintang)

Nurmalintang, Ayu (2017) Strategi Pemasaran BMT Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Di BMT El Mitra Usaha Tanjung Bintang). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_NEW.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Daya saing dalam kondisi zaman saat ini merupakan tantangan yang tidak ringan, tanpa dibekali kemampuan dan keunggulan bersaing yang baik maka produk-produk yang dihasilkan tidak akan mampu bertahan atau bersaing dengan usaha-usaha lain. Setiap perusahaan memerlukan strategi pemasaran yang tepat bagi usaha yang dijalani, Strategi pemasaran adalah kegiatan perusahaan yang komplek dimana didalamnya terdapat variabel-variabel pemasaran yang saling berhubungan. strategi pemasaran yang tepat sangat diperlukan untuk menghadapi persaingan dalam dunia usahanya guna mencapai tujuannya. Penelitian ini dilakukan di BMT EL Mitra Usaha karna bila dibandingkan antar sesama lembaga keuangan syariah, BMT EL Mitra Usaha memiliki prinsip, sistem, dan produk yang sama dengan 3 BMT lainnya yang beroperasi di Tanjung Bintang. Akan tetapi, BMT EL Mitra Usaha Tanjung Bintang lebih unggul dalam memperoleh nasabah, hal ini menunjukan bahwa ada strategi pemasaran yang diimplementasikan BMT ini secara tepat sasaran. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi pemasaran di BMT EL Mitra Usaha dalam meningkatkan keunggulan kompetitif. dan Bagaimana pandangan etika bisnis Islam terhadap pelaksanaan strategi pemasaran di BMT EL Mitra Usaha. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran di BMT EL Mitra Usaha dalam meningkatkan keunggulan kompetitif dan untuk mengetahui bagaimana pandangan etika bisnis Islam terhadap pelaksanaan strategi pemasaran di BMT EL Mitra Usaha. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field rasearch), bersifat deskriptif, data primer digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara kepada manager BMT EL Mitra Usaha sedangkan untuk mengukur efektifitas etika bisnis Islam terhadap pelaksanan strategi pemasaran yang dilakukan BMT peneliti menggunakan populasi 792 dan di ambil sampel sebanyak 80 nasabah sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi. Pengolahan data di lakukan melalui Editing, Organizing, Analyzing, analisis di lakukan secara kualitatif. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa BMT EL Mitra menerapkan beberapa strategi pada bauran pemasaran produk, harga, tempat, dan promosi. Strategi pemasaran pada produk ditunjukan dengan adanya produk unggulan yang berprinsip Wadi‟ah dan Mudharabah seperti Tamara, Tadika, Taqura, dan Tajaka. Strategi tempat dilakukan dengan pemilihan lokasi yang terjangkau bagi nasabah dan calon nasabah. Sementara, strategi promosi yang dilakukan adalah periklanan seperti penyebaran brosur, publisitas seperti bakti sosial, pelayanan sistem jemput bola, personal selling seperti hubungan kemasyaratan khususnya dalam hal pelayanan kepada nasabah, promosi penjualan seperti pemberian hadiah ataucenderamata. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa semua strategi pemasaran yang dilakukan oleh BMT EL Mitra Usaha sudah sesuai dengan etika bisnis Islam, karna dalam setiap prosesnya dilakukan sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yaitu menjual barang yang baik mutunya, tidak mengunakan sumpah (al-qasm), longgar dan bermurah hati (tasahuh dan tarrahum), membangun hubungan yang baik antar kolega, dan menetapkan harga dengan trasparan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Feb 2017 03:10
Last Modified: 22 Feb 2017 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item