PERANAN KELUARGA SAKINAH DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM DI PROVINSI LAMPUNG (Studi Di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pringsewu, dan Kabupaten Pesawaran)

SUPRAPTININGSIH, sup (2020) PERANAN KELUARGA SAKINAH DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM DI PROVINSI LAMPUNG (Studi Di Kota Bandar Lampung, Kabupaten Pringsewu, dan Kabupaten Pesawaran). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SUPRAPTININGSIH NPM 1503030008 PERANAN KELUARGA SAKINAH DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM DI PROVINSI LAMPUNG.doc] Microsoft Word
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of SUPRAPTININGSIHPERANAN KELUARGA SAKINAH.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Keluarga sakinah merupakan keluarga Ideal menurut syariat Islam. Namun masih terdapat masyarakat yang kurang memahami persepsi keluarga sakinah. Terwujudnya keluarga sakinah merupakan hal penting karena diharapkan berperan dalam pengembangan masyarakat. Rumusan masalahnya yaitu bagaimana kiat-kiat mewujudkan keluarga sakinah, apa kendala dan bagaimana solusi dalam mewujudkan keluarga sakinah, peranan keluarga sakinah dalam pengembangan masyarakat Islam di Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kiat-kiat mewujudkan keluarga sakinah, kendala dan solusi keluarga sakinah serta menganalisis peranan keluarga sakinah dalam pengembangan masyarakat Islam di Provinsi Lampung. Manfaat penelitian ini antara lain pengembangan ilmu pengetahuan sebagai landasan konseptual, menerapkan model pembinaan dan pembentukan lingkungan masyarakat yang ideal berbasis keluarga sakinah.Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (field research) dilakukan di kota Bandar Lampung, kabupaten Pringsewu dan kabupaten Pesawaran.Instrumen pengumpulan data adalah dengan cara wawancara, observasi, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam bentuk informan kunci (key informant). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana penulis menguraikan secara sistematis konsep keluarga sakinah dalam pengembangan masyarakat serta teknik pengolahan dan analisis data aspek dominan mempunyai relevansi terhadap pengembangan masyarakat Islam di Provinsi Lampung. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dalam mewujudkan keluarga sakinah beberapa kiat yang dilakukan yaitu sesuai kondisi kearifan lokal, dengan menjunjung nilai-nilai budaya ,adat istiadat yang ada dengan tetap berprinsip selalu berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits.dalam kehidupan keluarga, serta menanamkan dan melaksanakan keimanan, ketaqwaan, beramal sholeh, harmonis, adanya ketenangan, cinta dan kasih sayang, mampu memenuhi kebutuhan spiritual dan material secara layak, mampu bersosialisasi, menjaga silaturahmi. Aspek dominan persepsi masyarakat keluarga sakinah antara lain menjaga komunikasi yang baik, memperhatikan pendidikan anak , dan menjaga hubungan dengan keluarga besar. Kendala aspek kurangnya komunikasi, solusinya keterbukaan dan kejujuran, menciptakan suasana cinta dan kasih sayang, kendala pendidikan dengan solusi berusaha menambah pengetahuan agama secara rutin, menambah keterampilan, kendala kendala komunikasi yang kurang, solusinya keterbukaan dan kejujuran, menciptakan suasana cinta dan kasih sayang, aspek kurangnya kemampuan ekonomi, dengan peningkatan pendapatan melalui pemberdayaan ekonomi.keluarga. Upaya penting dengan menjaga keharmonisan serta menjaga komitmen dalam perkawinan. Implikasi dari penelitian ini diharapkan adanya konsep model pengembangan masyarakat melalui peranan keluarga sakinah dapat memberi kontribusi dalam pembangunan masyarakat Islam yang amar maru’f nahi munkar dan berakhlakul karimah di Provinsi Lampung.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Najib Ali
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:52
Last Modified: 29 Dec 2020 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12790

Actions (login required)

View Item View Item