PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

INDRI, RIZKIA PUTRI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan komunikasi matematis dapat diabstraksikan sebagai landasan untuk memperoleh kemampuan berpikir kritis matematis. Diduga pembelajaran Reciprocal Teaching membuat peserta didik berpikir lebih kritis lagi dalam memecahkan soal. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis antara peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Reciprocal Teaching dan metode konvensional, (2) Mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memiliki komunikasi matematis tinggi, sedang dan rendah. (3) Mengetahui interaksi antara penerapan pembelajaran Reciprocal Teaching dan komunikasi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan desain eksperimen postest only control design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (mendapat perlakuan dengan metode pembelajaran Reciprocal Teaching) dan VIII C sebagai kelas kontrol (mendapat perlakuan dengan metode konvensional). Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes essay, dokumentasi dan wawancara. Uji hipotesis yang digunakan adalah Anava dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan diperoleh hasil 35,62 4,01 atau dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05 sehingga ditolak, sehingga ditolak, 0,349 sehingga diterima. Kemudian diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. (2) Terdapat pengaruh komunikasi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran Reciprocal Teaching dan komunikasi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Kata kunci : Reciprocal Teaching, Kemampuan berpikir kritis matematis, Komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:32
Last Modified: 29 Dec 2020 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12785

Actions (login required)

View Item View Item