PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN MELALUI PROGRAM GERAKAN SEREMPAK MEMBANGUN KAMPUNG/ KELURAHAN (GSMK/K) DI KAMPUNG BUJUK AGUNG KECAMATAN BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG

DIKI, PRIMEIDANI (2020) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN MELALUI PROGRAM GERAKAN SEREMPAK MEMBANGUN KAMPUNG/ KELURAHAN (GSMK/K) DI KAMPUNG BUJUK AGUNG KECAMATAN BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIKI PRIMEIDANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN MELALUI PROGRAM GERAKAN SEREMPAK MEMBANGUN KAMPUNG/KELURAHAN (GSMK/K) DI KAMPUNG BUJUK AGUNG KECAMATAN BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG Oleh : Diki Primeidani Pembangunan desa atau kampung memegang peranan penting karena merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan pada hakikatnya bersinergi terhadap pembangunan daerah dan nasional. Hal tersebut terlihat melalui banyaknya program pembangunan yang dirancang pemerintah untuk pembangunan desa atau kampung. Pembangunan desa atau kampung sendiri tidak lepas dari adanya partisipasi masyarakat atau keikutsertaan masyarakat kampung dalam perencanaan pembangunan hingga evaluasi pembangunan oleh pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat partisipasi masyarakat dalam program GSMK/K kampung Bujuk Agung Kec. Banjar Margo Kab. Tulang Bawang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan beberapa penemuan data yang dirumuskan dalam bentuk katakata. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun sampel, peneliti mengambil dari aparat kampung, masyarakat kampung dan TIM POKMAS yang seluruhnya berjumlah 15 orang. Hasil penelitian ini yaitu, (1) Partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan menunjukan antusias masyarakat dalam menyumbangkan usulan mengenai permasalahan yang ada yang diutamakan melalui pembangunan; (2) Partisipasi dalam pelaksanaan pembangunan yaitu masyarakat menyumbangkan tenaga berupa gotong royong dan juga menyumbangkan sebagian lahan untuk pelebaran jalan; (3) Partisipasi masyarakat dalam memantau dan mengevaluasi pembangunan yaitu masyarakat ikut memeriksa anggaran pengeluaran dan melihat hasil pembangunan; (4) Partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan hasil pembangunan yaitu memelihara jalan seperti membuat portal, membersihkan siring dll; (5) Faktor pendukunya iyalah kesadaran masyarakat dalam ikut serta memajukan kampung, berupa antusias dalam memberkan pendapat dalam musyawarah dan semangat gotong royong. Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Pembangunan, GSMK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Dec 2020 04:50
Last Modified: 23 Dec 2020 04:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12769

Actions (login required)

View Item View Item