PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DI DESA MUARAMAS KECAMATAN MESUJI TIMUR KABUPATEN MESUJI

FATKHUL, MUNIR (2020) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DI DESA MUARAMAS KECAMATAN MESUJI TIMUR KABUPATEN MESUJI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT FATKHUL MUNIR.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI lLENGKAP FATKHUL MUNIR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALU PEMANFAATAN SUMBERDAYA ALAM Oleh : Fatkhul Munir Pemberdayaan ekonomi merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan peningkatan kapasitas dan kemandirian dengan melibatkan masyarakat dan stakeholder untuk mewujdukan kesejahteraan masyarakat. Melalui pemanfaatan sumberdaya alam yang ada merupakan bentuk pemberdayaan berbasis potensi lokal yang sangat mendukung pengembangan masyarakat. Pengelolaan sumberdaya alam yang baik mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sumberdaya alam di desa Muarasmas Kabupaten Mesuji. Penelitian ini menggunakan metode deskriftip dan kualitatif. Objek penelitian ini adalah masyarakat desa Muaramas.Dalam penelitian ini terdapat metode penelitian wawancara, observasi, serta dokumentasi. Untuk menentukan sampel, menggunakan teknik Purpose Sampling.Adapun sampel penulis mengambil dari PPL Dinas Sosial, Kepla Desa dan Masyarakat pembuat gula merah. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sumberdaya alam dilakukan melalui tiga tahap, yaitu : Penyadaran yang dilakukan melalui sosialisasi pemberian pemahaman bahwa SDA perlu dikelola dengan baik guna untuk menambah pendapatan keluarga, Pengkapasitasan merupakan proses memberikan ketrampilan kepada masyarakat dalam hal ini berupa pelatihan pembuatan gula merah, Pendayaan yaitu upaya memandirikan dan memberi kesempatan kepada peserta pelatihan untuk mengembangkan usaha gula merah. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan sumberdaya alam di desa Muaramas melalui pembentukan KUBE gula merah sangat berpengaruh terhadap perubahan ekonomi masyarakat. Dimana melalui adanya pemberdayaan ini, menjadikan masyarakat bisa berkembang, memiliki rumah produksi gula merah sendiri yang benar-benar membantu pendapatan mereka sehari-hari. Jika sebelumnya masyarakat hanya berpenghasilan 100 rb/ hari dengan produksi gula merah pendapatan meningkat bisa mencapai 200-300/hari, yang membuat perubahan ekonomi masyarakat yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Dec 2020 04:37
Last Modified: 23 Dec 2020 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12767

Actions (login required)

View Item View Item