PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK PADA SANTRI KELAS IV TPA MIFTAHUS SALAM PANGGUNG JAYA RAWA JITU UTARA MESUJI

UMI, UMAYA (2020) PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK PADA SANTRI KELAS IV TPA MIFTAHUS SALAM PANGGUNG JAYA RAWA JITU UTARA MESUJI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  UMI MAYA  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL UMI MAYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Menghafalkan Al-Qur'an merupakan suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji Proses penghafalan Al-Qur'an menggunakan cara yang harus diupayakan secara sungguh-sungguh dan serius agar hafalan tersimpan dalam memori dengan baik, serta tidak mudah lupa atau pudar hafalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan strategi Reading Aloud dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek pada santri kelas IV TPA Miftahussalam Panggung Jaya Rawa Jitu Utara Mesuji. Penelitian ini merupakan studi tindakan kelas (Classroom Action Research) pada santri kelas IV, dapat diketahui bahwa metode pembelajaran dan metode menghafal yang digunakan oleh guru pengampu dikelas masih belum mencerminkan pembelajaran aktif, yaitu santri disuruh menghafal surah-surah pendek, dan guru hanya mengawasi kegiatan menghafal mereka, akibatnya ketika santri jenuh, mereka cenderung malas dan tidak mau melanjutkan kembali hafalannya, hal ini dibuktikan dengan kualitas hafalan santri yang masih rendah. Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran menghafal dengan menggunakan strategi Reading Aloud , dan penerapan strategi ini dilaksanakan secara bersama-sama oleh semua pihak yang terlibat didalam pembelajaran, maka suasana kelas menjadi lebih ceria, para santri jadi semangat dalam menghafal dan hasil hafalan meningkat. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata hafalan santri 59 dengan presentase 20% dari 15 santri hanya 3 santri yang sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Setelah dilaksanakan tindakan awal pada siklus I nilai rata-rata hafalan santri meningkat menjadi 75 dengan presentase 66,6% (3 santri masih dinyatakan belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan). Setelah diadakan evaluasi tindakan, maka pada siklus II hasil hafalan santri mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 77, 6 dengan presentase 86, 6% dan semua santri sudah dinyatakan lulus. Hal ini dapat dilihat berdasarkan presentase ketuntasan menghafal santri yang sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitunilai hasil hafalan surah-surah pendek santri secara klasikal mencapai 80% dan secara individual nilai yang diperoleh santri mencapai 75. Dari tiga tahap tersebut jelas terjadi peningkatan sebelum dan sesudah diterapkannya strategi Reading Aloud dalam upaya meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek. Dalam penelitian ini, penerapan strategi Reading Aloud dilaksanakan secara kolektif dengan melibatkan semua pihak di dalam kels, baik asatidz, santri maupun sarana dan prasarana yang menunjang terjadinya pembelajaran, hal tersebut merupakan bukti konkrit bahwa segala bentuk proses kegiatan belajar mengajar akan bisa terlaksana dengan baik apabila semua pihak yang terkait dengan proses tersebut saling mendukung. Kata Kunci : Strategi Reading Aloud, Kemampuan Menghafal Surah-surah Pendek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2020 07:48
Last Modified: 22 Dec 2020 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12746

Actions (login required)

View Item View Item