PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

SRI, HANDAYANI (2020) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Sri Handayani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menghasilkan produk berupa ensiklopedia berbasis sains islam yang hasil akhir dari penelitian ini akan menambah dan memperkuat pengetahuan dasar peserta didik mengenai materi bumi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD N 2 Taman Bogo dan SD N 3 Taman Bogo, Purbolinggo, Lampung Timur. Penelitian yang digunakan merupakan metode Research and Development, dengan model Borg and Gall namun hanya sampai tahap ke tutjuh dari sepuluh tahap yang ada. Penelitian ini digunakan sebagai media pembelajaran guna mempermudah dalam proses pembelajaran peserta didik. Hasil penelitian, diperoleh dengan beberapa validasi dan respon pendidik serta peserta didik dengan menggunakan skala likert. Berdasarkan penilaian ahli dikriteriakan sangat layak, dengan persentase validasi ahli media 84%, ahli materi 82%, dan ahli Agama 88%. Pendidik dan peserta didik memberikan respon positif terhadap ensiklopedia sains islam sebagai media pembelajaran materi bumi, dengan persentase respon pendidik 88%, uji kelompok kecil 89%, dan uji lapangan 90%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan ensiklopedia sains islam baik digunakan bahan ajar. Kata Kunci: Pengembangan Ensiklopedia, Media Pembelajaran, Berbasis Sains Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2020 07:18
Last Modified: 22 Dec 2020 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12745

Actions (login required)

View Item View Item