PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

NISMA, APRIYANI (2020) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI cover-bab 2-dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ful.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor ketidakefektifannya proses belajar mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dipengaruhi oleh kebosanan peserta didik saat proses berlangsungnya pembelajaran. Sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memilih untuk mamanfaatkan lingkungan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemanfaatan lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Penddikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandra Lampung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknikpengumpulan data adalah tes. Teknik analisi yang digunakan dalam penelitian ini addalah uji T. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan perhitungan didapatkan P-Value sebesar 0,00/2 =0 < 0,05, maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2020 05:56
Last Modified: 22 Dec 2020 05:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item View Item