PENGARUH TES FORMATIF BENTUK MULTIPLE CHOICE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA MA’ARIF 05 RUMBIA LAMPUNG TENGAH

EVA, TRIANA (2020) PENGARUH TES FORMATIF BENTUK MULTIPLE CHOICE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA MA’ARIF 05 RUMBIA LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI EVA TRIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tes formatif adalah tes yang dilaksanakan oleh pendidik setelah selesainya satu sub pokok bahasan, salah satu bentuk tes formatif tertulis yang dapat dilakukan oleh pendidik yaitu tes formatif bentuk Multiple Choice. Perbedaan bentuk penilaian yang digunakan pada saat pelaksanaan tes formatif sering memberikan dampak terhadap kemampuan kognitif yang dicapai peserta didik.. Bentuk multiple choice memiliki beberapa keunggulan yaitu memiliki objektivitas tinggi, bisa mencakup semua materi yang telah diajarkan serta mudah dalam pemeriksaan jawaban dan penskoran. berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan peneliti di MA Ma‟arif 05 kelas XI, peserta didik diberikan tes formatif bentuk subjektif tetapi tidak rutin dilakukan pada akhir pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pada tes formatif bentuk Multiple Choice terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MA Ma‟arif 05 Rumbia Lampung Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI A sebagai kelas eksperimen yang diberi tes formatif bentuk Multiple Choice dan kelas XI B sebagai kelas control yang diberi tes formatif bentuk Essay untuk mengetahui pengaruh tes formatif BENTUK Multiple Choice terhadap kemampuan kognitif peserta didik diberikan 20 butir soal yang sebelumnya telah di uji coba pada kelas XII untuk mengetahui validitas, tingkat kesukaran, reliabilitas dan daya beda. Uji hipotesis menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasyarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengann uji normalitas dan uji homogenitas Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai p (probabilitas) yang ditunjukkan oleh nilai sig (2-tailed) thitung < ttabel (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada tes formatif bentuk Multiple Choice terhadap kemampuan kognitif peserta didik. Kata Kunci : Tes Formatif, Bentuk Multiple Choice, Kemampuan Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2020 05:36
Last Modified: 22 Dec 2020 05:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item View Item