DAMPAK IBU BERKARIR DAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PERKEMBANGAN BALITA DI LINGKUNGAN PERUMAHAN BUKIT KEMILING PERMAI BLOK S BANDAR LAMPUNG

ZULMI, EFRIDA (2020) DAMPAK IBU BERKARIR DAN IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PERKEMBANGAN BALITA DI LINGKUNGAN PERUMAHAN BUKIT KEMILING PERMAI BLOK S BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Anak adalah anugrah dari Allah SWT. Yang harus dijaga, dirawat dan dididik dengan sepenuh hati. Anak yang baru lahir merupakan manusia yang suci dan tidak tau apa-apa dan yang akan menjadikan anak itu akan seperti apa adalah orang tuanya oleh sebab itu orang tua harus bisa menjadi orang tua yang cerdas dalam mendidik anak terutama, seorang ibu karna. Ibu yang cerdas akan menjadikan anak yang berkualitas untuk masa depan anak tersebut. Dalam proses pendidikan anak sangat dibutuhkan kesabaran, ketelaten dan juga kasih sayang yang cukup. Namun di zaman sekarang ini banyak perempuan yang menghabiskan waktunya diranah publik (bekerja diranah publik) dan rumah (pekerjaan demistik) bukanlah satu-satunya pekerjaan bagi wanita. Dengan demikian akankah pendidikan baik kognitif atau pun emosional anak terpenuhi jika hanya sedikit waktu untuk bersamanya. Berdasarkan hal tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perkembangan balita dari pola asuh ibu berkarir dan pola asuh ibu rumah tangga yang ada di perumahan bkit kemiling permai blok S bandar lampung. dampak disini yang di maksud adalah akibat yang ditimbulkan dari pekerjaan ibu terhadap perkembangan anak. Perkembangan tersebut berfokus pada perkembangan kognitif dan perkembangan emosional anak balita usia 2-5 tahun yang ada di perumahan bukit kemiling permai blok S bandar lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sifat penelitian merupakan sifat diskriptif. Sedangkan teknik adalah teknik snowball sampling yaitu teknik pengambilan sampel subar datanya tidak titentukan jumlah dari sampel dan populasinya. Dalam penelitian ini penulis menemukan bahwa dampak pekerjaan ibu sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif dan sosio emosional balita. Ibu yang memutuskan berkarir dengan berbagai alasan seperti faktor ekonomi, alasan berjaga-jaga, bahkan kesepakatan dengan suami. Sedangkan ibu rumah tangga beralasan lebih ingin fokus mengurus dan mendidik anak. Perkembangan kognitif baik ibu berkarir maupun ibu rumah tangga sama-sama cukup bagus dan sesuai tahapan perkembangan kognitif yang seharusnya, dan sedangkan untuk perkembangan sosio emosional balita untuk ibu yang berkarir belum sesuai tahapannya karena balita belum memahami perasaannya dan perasaan orang lain, balita sulit diatur, sulit bergaul, sering dikucilkan teman sebaya, susah diajak komunikasi dan sebagainya. Untuk perkembangan sosio emosional balita yang memiliki ibu rumah tangga cukup baik dan sesuai yang dapat dilihat dari cara bergaul, memahami perasaan sendiri dan orang lain, sopan, dan sudah dapat mengatur perilakunya sendiri. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa perkembangan kognitif balita yang memiliki ibu berkarir dan ibu rumah tangga sudah cukup bagus dan sesuai tahapannya, sedangkan untuk perkembangan sosio emosional balita cenderung lebih bagus yang memiliki ibu rumah tangga dibanding ibu berkarir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2020 05:13
Last Modified: 22 Dec 2020 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12739

Actions (login required)

View Item View Item