PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POTENSI LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH

VILA, RIYANI (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POTENSI LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL VILA RIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PEMBELAJARAN IPA BERBASIS POTENSI LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SEPUTIH BANYAK LAMPUNG TENGAH Oleh : VILA RIYANI Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains peserta didik kelas VII yang ada di SMP Negeri 1 Seputih Banyak Lampung Tengah dengan Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal. Letak sekolahan strategis dapat dimanfaatkan sebagai alternative Laboratorium alam untuk mempermudah peserta didik dalam memahami sub materi klasifikasi tumbuhan. Selain daripada itu juga dalam pembelajaran IPA pendidik tidak pernah melakukan kegiatan praktikum maupun eksperimen secara langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Eksperimen dengan menggunakan Posttest Only Control Group Design teknik Cluster Random Sampling yang menggunakan dua kelas terdiri dari kelas VII F sebagai kelas Eksperimen menggunakan Model Discovery Learning dengan Potensi lokal sebagai sumber belajar dan kelas VII C sebagai kelas Kontrol menggunakan model Discovery Learning biasa. Sebelum dilakukanya uji hipotesis dan uji-t terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dari hasil uji hipotesis Uji-t independent dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic Versi 20 diperoleh hasil nilai p (probabilitas) yang ditunjukkan oleh nilai Sig. (2-tailed) thitung < ttabel yang diperoleh adalah 0.000 < 0.05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran IPA berbasis potensi lokal terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VII di SMP N 1 Seputih Banyak Lampung Tengah pada sub materi klasifikasi tumbuhan semester ganjil Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Potensi Lokal, Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2020 05:06
Last Modified: 22 Dec 2020 05:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12738

Actions (login required)

View Item View Item