PENETAPAN DAN PENARIKAN INFAQ DALAM PENGAMBILAN AIR MASJID PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Di Masjid Al Hasanah Kotabumi Selatan Lampung Utara)

INTAN, ADELIA ANDINI (2020) PENETAPAN DAN PENARIKAN INFAQ DALAM PENGAMBILAN AIR MASJID PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Di Masjid Al Hasanah Kotabumi Selatan Lampung Utara). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi INTAN ADELIA ANDINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari melihat adanya penetapan dan penarikan infaq dalam pengambilan air di Masjid Al Hasanah dimana pengambilan air tersebut di lakukan di area masjid. Sebelumnya masyarakat yang mengambil air di Masjid Al Hasanah tidak ada penetapan dan penarikan Infaq. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana praktik penetapan dan penarikan infaq dalam pengambilan air Masjid Al Hasanah Kotabumi Selatan Lampung Utara. 2) Bagaimana pandangan hukum Islam tentang praktik penetapan dan penarikan infaq dalam pengambilan air Masjid Al Hasanah Kotabumi Selatan Lampung Utara. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan praktik penetapan dan penarikan infaq dalam pengambilan air di Masjid Al Hasanah dan mengetahui pandangan Hukum Islam tentang penetapan dan penarikan infaq dalam pengambilan air Masjid Al Hasanah Kotabumi Selatan Lampung Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research), yang bersifat deskriptif analisis dengan sumber data yaitu data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari buku-buku yang relevan dengan penelitian. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terkait baik pengurus masjid maupun masyarakat yang mengambil air di masjid yang melakukan praktik ini. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan bahwa praktik penetapan dan penarikan infaq dalam pengambilan air masjid Al Hasanah sebesar Rp. 20.000 oleh pengurus masjid untuk membayar listrik dan biaya perawatan air setiap bulan mendapatkan persetujuan dari ketua RT. Walaupun ditetapkan nominal infaq, pada kenyataannya infaq tersebut dilakukan sesuai kesanggupan masingmasing karena ada masyarakat yang berbeda nominalnya pengurus masjid tetap menerima. Serta penarikan infaq dalam pengambilan air masjid dilakukan untuk keberlangsungan dalam pengambilan air agar lancar membuat masyarakat yang mengambil air tidak ada hambatan, karena apabila tidak dibuat kebijakan penarikan infaq maka masyarakat akan sulit mendapatkan air. Menurut hukum Islam terhadap penetapan dan penarikan infaq dalam pengambilan air Masjid Al Hasanah diperbolehkan karena tetap bersadarkan kesanggupan bahwa pengurus masjid tetap menerima walaupun tak sesuai yang ditetapkan, dan terdapat unsur keikhlasan antara semua pihak, juga penetapan dan penarikan infaq tersebut memenuhi rukun dan syarat sahnya infaq.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:24
Last Modified: 22 Dec 2020 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12727

Actions (login required)

View Item View Item