PENGARUH HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK MTs YMPI PUTIHDOH KECAMATAN CUKUH BALAK TANGGAMUS

FARID, MAULANA (2020) PENGARUH HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK MTs YMPI PUTIHDOH KECAMATAN CUKUH BALAK TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover, bab 1-2, dapus.pdf] PDF
Download (695kB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK DI MTs YMPI PUTIHDOH KECAMATAN CUKUH BALAK Oleh FARID MAULANA Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik diperoleh dari proses belajar baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Perilaku keagamaan adalah suatu penghayatan seseorang dalam meyakini adanya Allah SWT, menyerahkan diri sepenuhnya untuk melaksanakan ajaran islam dan menjauhi apa yang dilarang-Nya, dan menjalin hubungan baik sesama manusia dan lingkungan alam sekitarnya. Idealnya, peserta didik yang hasil belajarnya baik akan mempengaruhi perilaku. Adapun rumusan masalah adalah “adakah pengaruh hasil belajar aqidah akhlak terhadap perilaku peserta didik MTs YMPI Putihdoh”, tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar aqidah akhlak terhadap perilaku peserta didik MTs YMPI Putihdoh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Penelitian ini dilakukan di MTs YMPI Putihdoh yaitu mengenai hasil belajar dengan perilaku peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs YMPI yang berjumlah 54 peserta didik, sedangkan yang menjadi sampel adalah 28 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, telah diketahui rxy = 0,462, bila dikonsultasikan kedalam “r” tabel berada pada taraf korelasi 0,399-0,599 yang menunjukkan taraf korelasi yang cukup atau sedang. Dengan istilah lain terdapat pengaruh yang cukup atau sedang diantara kedua variabel tersebut. Sedangkan untuk mengetahui taraf nyatanya diuji dengan uji “t” maka diperoleh t = 2,654 dengan taraf signifikan 5% menunjukkan angka 2,654 > 1,701. Yang berarti bahwa adanya pengaruh nyata antara hasil belajar aqidah akhlak terhadap perilaku peserta didik. Sedangkan pengujian determinasi didapat nilai sebesar 21,3%. Hal ini menunjukkan pengaruh hasil belajar terhadap perilaku peserta didik sebesar 21,3% dan 78,7% dipengaruhi faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2020 07:34
Last Modified: 21 Dec 2020 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12675

Actions (login required)

View Item View Item