PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK KELAS VIII SMP/MTs

NUR, FADILA (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK KELAS VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 dan 2.pdf] PDF
Download (934kB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pembelajaran tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran. Penyediaan media serta metodologi pendidikan yang dinamis, kondusif, sangat diperlukan bagi pengembangan potensi peserta didik, ketidak jelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa E-Moduluntuk mengetahui kualitasnya dengan dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media yang melibatkan peserta didik kelas VIII SMP N 3 Bandar Lampung. Konsep berpikir tingkat tinggi peserta didik belum dikembangkan secara maksimal sehingga salah satu media yang dapat digunakan adalah media pembelajaranE-Modulberbasis kvisoft flipbook maker pada materi Relasi dan Fungsi untuk memberdayakan berpikir tingkat tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Hasil validasi tahap 1 yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh nilai 2,70 dengan kriteria “menarik” sehingga perlu dilakukan revisi modul. Pada tahap validasi 2 diperoleh nilai 3,52 dengan kriteria “sangat menarik” sehingga tidak ada revisi ulang pada modul. Hasil validasi tahap 1 yang dilakukan oleh ahli media memperoleh nilai 2,75 dengan kriteria “menarik” yang artinya perlu dilakukan revisi modul. Pada tahap validasi 2 diperoleh nilai 3,55 dengan kriteria “sangat menarik” sehingga tidak perlu dilakukan revisi ulang pada modul. Pada uji coba skala kecil yang diikuti oleh 10 peserta didik memperoleh skor rata-rata yaitu 3,40 dengan kriteria “sangat menarik”. Pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 29 peserta didik memperoleh skor rata-rata kemenarikan yang diperoleh yaitu 3,45 dengan kriteria “sangat menarik” sehingga modul dikatakan valid dan siap digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci : Media Pembelajaran, E-Modul, Kvisoft Flipbook Maker, Berpikir Tingkat Tingg

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2020 04:30
Last Modified: 21 Dec 2020 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12674

Actions (login required)

View Item View Item