ANALISIS PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PETANI KOPI DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI KOPI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Desa Tanjung Raya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat)

DIRMANSYAH, Syahruddin (2020) ANALISIS PENGEMBANGAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PETANI KOPI DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI KOPI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Desa Tanjung Raya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab  1,2,dapus  Dirmansyah.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of full skripsi  Dirmansyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan petani kopi dalam hasil panen serta produksi, suatu upaya untuk meningkatkan bagimana cara untuk memperoleh biji kopi yang berkualitas. Desa Tanjung Raya merupakan salah satu Desa penghasil kopi di Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Sumber Daya Manusia hal penting dalam pengembangan petani kopi untuk meningkatkan hasil produksi petani kopi di suatu masyarakat. Kegiatan pengembangan petani kopi kurang dapat dilakukan secara maksimal, karena dalam hal etika kerja serta pendidikan. Hambatan dalam etika kerja yakni kurangnya kedisiplinan dari masyarakat atas penyuluhan yang telah diberikan dari pihak program pemerintah atau pola pikir yang belum berubah dalam meningkatkan produksi kopi yang dihasilkan. Dan masalah pendidikan sangat penting karna sangat berperan dalam meningkatkan kompetensi penyuluh pertanian, untuk membangun pertanian yang maju dibutuhkan Sumber Daya Manusia berkualitas terutama penyuluh sebagai pendamping dan penggerak kegiatan usaha tani dalam masyarakat perlu di tinjau menurut perspektif Ekonomi Islam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana model strategi pengembangan SDM dalam meningkatkan hasil produksi kopi di Desa Tanjung Raya Kecamatan Pesisir Seletan Kabupaten Pesisir Barat dan apa faktor penghambat pengembangan SDM dalam meningkatkan produksi kopi di Desa Tanjung Raya Kecamatan Pesisir Seletan Kabupaten Pesisir Barat dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemerintah dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia petani kopi Didesa Tanjung Raya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat dan untuk mengetahui faktor penghambatan dalam pengembangan SDM dalam meningkatkan hasil produksi petani kopi Didesa Tanjung Raya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan perspektif pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif secara umum dapat digunakan untuk penelitian tentang kehidupan masyarakat, sejarah, tingkah laku, fungsionalisasi organisasi, aktivitas sosial. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah petani kopi Didesa Tanjung Raya Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Kesimpulan penelitian ini adalah pemerintah pernah memberikan bantuan bibit kopi yang didatangkan langsung dari program BUN (bibit unggul perkebunan) 500 dicanangkan kementerian pertanian meskipun gagal dikembangkan Didesa Tanjung Raya karena faktor iklim yang berbeda. Selain itu juga pemerintah memberikan bantuan pupuk bersubsidi kepada petani yang ada Didesa Tanjung Raya meskipun jumlahnya terbatas. Serta melalui melalui penyuluhan petani dengan malaksanakan beberapa Program seperti Sekolah lapang lansung peran pemerintah Didesa Tanjung Raya. Kata Kunci: Pengembangan Kualitas SDM, Hasil Produksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2020 07:10
Last Modified: 18 Dec 2020 07:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12641

Actions (login required)

View Item View Item