PERAN ZAKAT DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Empiris Pada BAZNAS Kota Bandar Lampung)

Suchi, Fitri Yani (2020) PERAN ZAKAT DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Empiris Pada BAZNAS Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT Suchi Fitri Yani.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Suchi Fitri Yani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Peran Zakat Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) Untuk Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Masyarakat (Studi Empiris Pada BAZNAS Kota Bandar Lampung) Oleh : Suchi Fitri Yani Zakat merupakan sebuah instrumen penghambaan seorang umat muslim kepada tuhannya (Allah SWT) zakat juga merupakan instrumen pembangunan yang dapat mengoptimalkan kesejahteraan umat bagi muzaki ataupun mustahiq, yang berhubungan langsung dengan sektor ekonomi umat dan berdampak sosial bagi masyarakat. Zakat mempunyai tujuan untuk dapat bisa meningkatkan kesejahteraan dan dapat memberikan keadilan bagi para mustahiq, sementara disisi yang lain Sustainable Development Goals (SDGs) adalah platform global yang dibentuk oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mempunyai tujuan untuk menurunkan kemiskinan dan semua turunan persoalan yang ada. Dan peran zakat dalam meningkatkan pendapatan masyarakat (mustahiq) yakni untuk mecapai kesejahteraan umat, maka dari itu untuk mendistribusikan dana filantropi maka dibutuhkannya lembaga atau Badan Amil Zakat Nasional seperti yang telah terbentuk dibandar lampung yaitu BAZNAS Kota Bandar Lampung yang bertugas untuk menghimpun, mengelola, dan menyalurkan dana filantropi tersebut. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan masalah yaitu bagaimana peran zakat dalam mewujudkan SDGs? Dan bagaimana peran zakat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat (mustahiq)?. Tujuannya adalah untuk mengetahui peran zakat sendiri dalam mewujudkan tujuan SDGs dan peran zakat dalam meningkatkan pendapatan para mustahiq. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa zakat mempunyai peran penting dalam tercapainya tujuan SDGs dan meningkatkan pendapatan mutahiq, Kontribusi BAZNAS terhadap pencapaian tujuan SDGs yaitu dengan mendistribusikan dan mendayagunakan dana zakat yang berkontribusi melalui 5 bidang program, pendistribusian tersebut yaitu pendistribusian dana zakat di bidang sosial, ekonomi, keagamaan, pendidikan dan bidang kesehatan. dan penghasilan para mustahiq mengalami peningkatan setelah diberikan bantuan dari bidang ekonomi dalam program bandar lampung makmur dan berkeadilan yang dibuat oleh BAZNAS Kota Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:51
Last Modified: 18 Dec 2020 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12639

Actions (login required)

View Item View Item