PERAN PENGGUNAAN SHOPEE SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE SHOP DALAM MENINGKATKAN LABA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Gerai Busana AII Colection Bandar Lampung)

ENDAH, DWI NUGRAHENI (2020) PERAN PENGGUNAAN SHOPEE SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE SHOP DALAM MENINGKATKAN LABA DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Gerai Busana AII Colection Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1,2, DAPUS ENDAH DWI NUGRAHENI.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI ENDAH DWI NUGRAHENI PDF.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan masuknya teknologi berbagai cara baru untuk memasarkan dan mempromosikan suatu barang atau jasa sangatlah beranekaragam, salah satunya E-commerce shopee. Pada tahun 2017 Shopee menduduki peringkat pertama di Indonesia sebagai situs toko online yang paling banyak dikunjungi. Shopee memudahkan bagi penjual dalam memperkenalkan produk, melakukan penjualan secara online dan meningkatkan laba. Keberadaan shopee memberikan manfaat bagi AII Colection, namun selama satu tahun terakhir, penjualan AII Colection mengalami penurunan, begitu juga dengan laba mengalami naik turun. Penurunan ini terjadi karena banyaknya pesaing AII Colection yang juga menggunakan shopee, dan juga menurunnya kunjungan toko AII Colection pada platform shopee. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran penggunaan shopee sebagai media promosi online shop dalam meningkatkan laba gerai busana AII Colection Bandar Lampung? Dan bagaimana pandangan ekonomi islam mengenai shopee sebagai media promosi online shop dalam meningkatkan laba? Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan deskripstif kualitatif, data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah periklanan menggunakan media shopee yaitu promosi saya dan endorse, promosi penjualan dengan menggunakan diskon atau penurunan harga, premi atau hadiah dan garansi produk. Penjualan pribadi dilakukan dengan melakukan komunikasi langsung antara penjual dan pembeli pada store AII Colection. Namun, meskipun sudah menggunakan shopee ternayat tetap terjadi penurunan laba, hal ini karena total penjualan yang juga mengalami penuruan dalam satu tahun terakhir. Konsep promosi yang dilakukan AII Colection telah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam. Konsumen tidak perlu khawatir dan takut tertipu oleh AII Colection yang merupakan bisnis online shop karena penjualannya tidak akan merugikan satu sama lain, dan transaksi yang terjadi atas dasar suka sama suka dan tanpa paksaan. Pelaksanaan penjualan online AII Colection juga sudah sesuai dengan prinsip Ekonomi Islam seperti menghindari iklan palsu, jujur dalam melakukan promosi produk, menepati janji pada setiap transaksi. Kata Kunci: Promosi, Shopee, Online Shop, Laba, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Dec 2020 02:41
Last Modified: 17 Dec 2020 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item