PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BIOLOGI

NOVA, EFRINA (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (12MB)
[thumbnail of Skripsi Full NOVA EFRINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BIOLOGI OLEH NOVA EFRINA Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang mendukung kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik dan menganalisis multimedia interaktif berbasis kemampuan berpikir kritis. Secara umum dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Bandar Lampung menggunakan media pembelajaran konvensional seperti LKS maupun power point sedangkan media pembelajaran seperti menggunakan Multimedia interkatif sangat jarang digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan oleh rendahnya nilai hasil belajar peserta didik kelas XI IPA khususnya pada materi sistem peredaran darah dengan nilai rata-rata peserta didik ≤ 65. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat diketahui dari 158 peserta didik yang mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebanyak 78 peserta didik atau 47% jika dihitung dalam persentase, sedangkan peserta didik yang belum mencapai sesuai dengan kriteria ketuntasan sebanyak 85 peserta didik atau 53% dengan ketentuan nilai yang sudah berlaku. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Tujuan utama metode penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan dalam bentuk Multimedia Interkatif Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis yang dibatasi pada sistem peredaran darah. Subyek uji coba dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI. Uji coba ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu uji coba satu lawan satu dengan 6 orang peserta didik, uji coba skala kecil dengan 12 orang peserta didik dan uji lapangan dengan 36 peserta didik. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis pada materi sistem peredaran darah. Kualitas media pembelajaran Multimedia Interaktif kemampuan berpikir kritis pada materi sistem peredarahan darah adalah layak dengan persentase 83% oleh ahli media da 76,8% ahli materi sedangkan kelayakannya diperoleh 82,6% oleh guru dan 85,1% oleh peserta didik. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2020 07:38
Last Modified: 16 Dec 2020 07:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item View Item