IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI SUKARAME BANDAR LAMPUNG

YULIA, PURNAMASARI (2020) IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULIA PURNAMASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI SUKARAME BANDAR LAMPUNG Oleh: Yulia Purnamasari Pola asuh adalah cara-cara orang tua mengasuh anaknya untuk menolong dan membimbing supaya anak hidup mandiri. Setiap pola asuh yang diterapkan orang tua mempunyai pengaruh bagi anak, adapun macammacam pola asuh yang kita ketahui adalah pola asuh demokratis, otoriter, dan permisif. Dalam keluarga, kemandirian (self reliance) adalah sifat yang harus dibentuk oleh orang tua dalam membangun kepribadian anak-anak mereka. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Sukarame Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Sukarame Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 orang tua, diantaranya 3 orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis, 1 orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter dan 1 orang tua yang menerapkan pola asuh permisif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kegiatan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Jadi kesimpulan dalam penelitian ini, hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua wali murid di TK PGRI Sukarame Bandar Lampung menerapkan pola asuh yang berbeda-beda. Pola asuh yang baik maka akan berpengaruh baik juga terhadap perkembangan anak. Orang tua dengan pola asuh demokratis membentuk kemandirian dengan cara merealisasikan indikator, seperti: anak diberi kebasan untuk menentukan dan memutuskan pilihannya sendiri, anak dilatih untuk bisa bertanggung jawab dalam hal sederhana, anak dilatih untuk mengarahkan dan mengembangkan diri, anak dilatih untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan dan anak dilatih mengambil resiko atas pilihannya. Sedangkan orang tua dengan pola asuh Ototiter dan Permisif kurang memperhatikan indikator kemandirian yang ada, sehingga kemandirian anak kurang berkembang dengan baik. Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:53
Last Modified: 16 Dec 2020 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12604

Actions (login required)

View Item View Item