TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG ARISAN PEMBANGUNAN RUMAH DENGAN IURAN TIDAK TETAP (Studi Kasus di Desa Talang Jawa, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus)

Eka, Supianti (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG ARISAN PEMBANGUNAN RUMAH DENGAN IURAN TIDAK TETAP (Studi Kasus di Desa Talang Jawa, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA SUPIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bermuamalah merupakan salah satu bentuk kemudahan bagi manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan hidup. Salah satu bentuknya adalah arisan. Arisan merupakan pengumpulan uang atau barang yang bernilai sama oleh beberapa orang, lalu diundi diantara mereka hingga hingga semua anggota memperolehnya. Arisan yang dipraktekkan oleh masyarakat Desa Talang Jawa merupakan arisan pembangunan rumah dengan sistem iuran tidak tetap. Dimana para anggota akan menyetorkan uang lebih jika terdapat kenaikan harga pada bahan bangunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktek arisan pembangunan rumah dengan iuran tidak tetap yang terjadi di Desa Talang Jawa, Kec. Pulau Panggung, Kab. Tanggamus dan bagaimana pandangan hukum Islam tentang arisan pembangunan rumah dengan iuran tidak tetap yang terjadi di Desa Talang Jawa, Kec. Pulau Panggung, Kab. Tanggamus.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik arisan pembangunan rumah dengan iuran tidak tetap di Desa Talang Jawa, Kec. Pulau Panggung, Kab. Tanggamus dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang arisan pembangunan rumah dengan iuran tidak tetap di Desa Talang Jawa, Kec. Pulau Panggung, Kab. Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilakukan di Desa Talang Jawa, Kec. Pulau Panggung, Kab. Tanggamus. Yang menjadi populasi adalah pengelola dan seluruh anggota arisan di Desa Talang Jawa, Kec. Pulau Panggung, Kab. Tanggamus yang terdiri dari 20 orang. Sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan menggunakan pendekatan induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik arisan pembangunan rumah dengan iuran tidak tetap adalah anggota arisan yang mendapat arisan saat harga bahan bangunan naik akan mendapat lebih besar dari anggota yang mendapat arisan saat harga bahan bangunan tidak naik. Sehingga arisan ini berbeda dengan arisan pada umumnya. Karena ada selisih uang yang dikeluarkan dan didapatkan. Tinjauan hukum Islam tentang arisan pembangunan rumah dengan iuran tidak tetap adalah halal (diperbolehkan) dengan menggunakan pendekatan Maslahah Mursalah, karena dalam arisan ini lebih besar manfaatnya daripada mudharatnya. Selain itu, pelaksanaan arisan ini termasuk menggunakan prinsip ta‟awun atau tolongmenolong dan adanya kesepakatan antara kedua belah pihak untuk menambah uang arisan jika ada harga bahan bangunan naik. Selisih jumlah jumlah iuran yang terdapat dalam arisan tersebut diperbolehkan karena menyesuaikan naiknya nilai mata uang (inflasi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:24
Last Modified: 16 Dec 2020 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

View Item View Item