NILAI-NILAI BUDI PEKERTI PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

ILA, NUR FAUZAH (2020) NILAI-NILAI BUDI PEKERTI PERSPEKTIF KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai budi pekerti perspektif Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya terhadap program penguatan karakter. penelitian inni memberikan manfaat yaitu memperkaya khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan, khususnya bagi peneliti, praktisi pendidikan, dan menjadi sumber referensi bagi instansi pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode Library Research yaitu penelitian yang mengacu pada sumber kepustakaan seperti buku, artikel, jurnal, catatan, dan media elektronik. “Konsep Pendidikan Budi Pekerti/Akhlak Perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak dalam islam”. Menyimpulkan bahwa pendidikan budi pekerti adalah memberikan nasihat, materi, anjuran, yang dapat yang dapat mengarahkan anak pada keinsyafan dan kesadaran akan perbuatan baik sesuai dengan tingkatan perkembangannya agar terbentuk watakk dan kepribadian yang baik agar tercipta kebahagiaan lahir dan batin. Andriana Kusumawati (STAIN Ponorogo,2015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Ki Hadjar Dewantara, pusat pendidikan yang meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat harus saling bekerja sama dan mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing, serta harus ada sosok pendidik yang berkualitas baik dari sisi keilmuan maupun sisi kepribadian. Selain itu, untuk membentuk peserta didik yang berkualitas perlu adanya metode yang tepat dalam mengajar, serta adanya pemberian materi pendidikan yang sesuai menurut tingkatannya. Intinya dalam pendidikan ini memiliki cakupan yaitu: Kepada Allah, sesama manusia, dan dengan lingkungan masyarakat. Akhirnya bertujuan untuk kebahagiaan dunia dan akhirat. Gagasan ini masih relevan dengan berbagai konstitusi yang berkaitan dengan pendidikan yang ada di Indonesia seperti dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Undang-Undang No. 14 tahun 2005, Peratran Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 16 tahun 2007 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 16 tahun 2007 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 23 Tahun 2005. Kata kunci: Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Dec 2020 05:24
Last Modified: 16 Dec 2020 05:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item View Item